Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Siap Nyapres, Ancaman Anies Baswedan Itu Nyata, Prabowo dan Megawati Saja Langsung Gerak Dibuatnya!

        Siap Nyapres, Ancaman Anies Baswedan Itu Nyata, Prabowo dan Megawati Saja Langsung Gerak Dibuatnya! Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menyoroti bagaimana  ramainya manuver politik yang terjadi usai Anies Baswedan siap mengikuti Pilpres 2024.

        Dirinya menilai hal tersebut terjadi karena mantan menteri pendidikan tersebut mempunyai pengaruh yang begitu kuat sebagai seorang tokoh dari luar partai politik.

        Baca Juga: Mau Turun Tahta, Anies Baswedan Diduga Akan Jadi Tersangka Kasus Formula E, KPK: Saya Sampaikan...

        "Hal itu karena Anies saat ini menjadi satu-satunya tokoh non-parpol paling berpengaruh, sehingga tidak dapat didekati dengan mudah karena tanpa perantara," kata Dedi kepada Republika, Kamis (22/9/2022).

        Sementara calon lain yang berasal dari unsur partai dinilai mudah dipengaruhi melalui partai. Menurutnya partai-partai akan memperhatikan gerak-gerik politik Anies menjelang Pemilu 2024.

        "Itulah sebab, kesiapan Anies di pilpres akan direspons serius calon rival, termasuk konsolidasi, setidaknya merencanakan dua hal, menyiapkan mesin politik menghadapi Anies, atau menyiapkan manuver menjegal Anies," ucapnya. 

        Sementara Direktur Eksekutif Para Syndicate, Ari Nurcahyo menyoroti pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

        Salah satu penyebab hal itu diduga adalah Anies Baswedan yang menyatakan kesiapan untuk maju dalam Pilpres 2024. 

        Baca Juga: Harus Lawan Ganjar Pranowo, Loyalis Megawati Dinilai Panik Akan Kecilnya Elektabilitas Puan Maharani

        "Kuncinya adalah sebenarnya posisi Anies kemudian dengan statement itu menjadi katalisator bagaimana poros Nasdem, Demokrat, PKS itu semakin konkret karena figur Anies sudah siap," ujarnya, Rabu (21/9/2022). 

        Pertemuan Airlangga dan Prabowo juga diprediksi membahas respons PDIP terhadap kesiapan Anies tersebut. Ada kemungkinan PDIP mempertimbangkan mengusung calon sendiri dalam Pilpres 2024. 

        "Itu kemudian direspons PDIP. Kemudian Pak Prabowo dan Pak Airlangga bertemu," ujarnya. 

        Baca Juga: Demokrat Jawa Timur Bak-blakan Soal Sosok Capres, Nama Anies Baswedan Disebut: Kader-kader di Jatim Solid!

        Menurutnya hal itu akan membuka kemungkinan kerja sama antara Golkar beserta KIB dan koalisi Gerindra-PKB. "KIB siap untuk maju sendiri, Gerindra-PKB juga siap maju. Ketika ini dikomunikasikan apakah ini membuka kemungkinan kerja sama KIB dan koalisi Gerindra? Ini juga harus menjadi pertimbangan," ucapnya. 

        Sementara itu jika Partai Golkar dan Gerindra bergabung dalam satu koalisi maka hal tersebut akan bisa menjadi posisi tawar tersendiri bagi PDIP. Sehingga PDIP akan berpikir ulang untuk maju sendiri,

        "Pilihannya PDIP maju sendiri berarti ada tiga poros dan tiga capres, atau PDIP bergabung sekalian dengan Gerindra-Golkar. Itu bisa menjadi koalisi gemuk," tuturnya.

        Sebelumnya Anies menyatakan siap dirinya berkontestasi di Pilpres 202 sebagai capres. Hal itu disampaikan Anies dalam wawancaranya dengan Reuters di Singapura. 

        Baca Juga: Serangan AHY ke Jokowi Dinilai Berbasis Ketidaksukaan, Bukan Pakai Data

        "Saya siap mencalonkan diri sebagai capres jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: