Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Peluang Nasdem Gabung KIB Masih Terbuka Lebar, Syaratnya Hanya Satu

        Peluang Nasdem Gabung KIB Masih Terbuka Lebar, Syaratnya Hanya Satu Kredit Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bergabungnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang diketuai oleh Surya Paloh ke Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB (Golkar, PAN, PPP) menurut Ade Armando, masih terbuka lebar asalkan satu syarat ini terpenuhi. 

        Sebelumnya, Nasdem sudah mempertimbangkan 3 nama, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa. Nasdem juga diisukan akan bergabung degan Demokrat dan PKS mendukung Anies Baswedan.

        “Surya itu nasionalis tulen, dia akan mendukung Anies hanya kalau tak ada pilihan lain. Pada dasarnya dia akan cenderung untuk mendukung Ganjar. Tapi masalahnya, sejauh ini Ganjar tidak didukung satu partai pun,” jelas Ade seperti dilansir dari Youtube Cokro TV, Jumat (23/09/22). 

        Baca Juga: PDIP Dipilih Sebagai Partai Paling Koruptif, Pilpres 2024 Dinilai akan Sulit

        Menurutnya, kalau dilihat dari hasil survei yang punya kredibilitas, Ganjar Pranowo bisa mengalahkan pesaing manapun. Di pihak lain tak ada tanda-tanda. KIB nampaknya cenderung mengajukan nama jagoannya sendiri, Airlangga. 

        “Surya Paloh pasti tidak akan mendukung Puan dan Airlangga karena dia tahu suara mereka terlalu kecil. Ini bukan karena Surya tidak suka dengan PDIP atau Golkar tapi karena tidak realistis saja,” kata dia. 

        “Di sisi lain Surya tidak akan mendukung Prabowo, karena rekam jejak Prabowo di masa lalu. Karena itu tak ada pilihan lain bagi Surya Paloh ia harus bergabung dengan PKS dan Demokrat yang sudah bersepakat mendukung Anies,” jelasnya. 

        Baca Juga: Jelang Pilpres 2024, Elektabilitas PKS Sebagai Partai Oposisi Menguat

        Tapi Ade juga mengemukakan kemungkinan, kalau Surya Paloh memilih tidak mendukung siapa-siapa, koalisi PKS dan Demokrat tidak akan cukup untuk memajukan dan memenangkan Anies. 

        “Saya yakin Surya, sebenarnya masih bersedia dukung KIB, tapi dengan satu syarat KIB bakal tidak memajukan nama Airlangga dan pindah ke Ganjar,” kata Ade.

        “Surya adalah pemain politik yang tajam, dia tahu yang berpeluang untuk jadi capres hanyalah Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan,” tambahnya. 

        Baca Juga: LKSP Paparkan Hasil Survei, Jelang Pilpres 2024 Elektabilitas PDIP dan Gerindra Merosot Tajam

        Surya Paloh mungkin saja mendukung Ganjar, tapi dia harus realistis satu-satunya harapan sekarang dan mungkin juga harapan banyak orang adalah KIB bersedia mendukung Ganjar. 

        “Bila KIB mendukung Ganjar, Surya akan otomatis bergabung. Demokrat dan PKS keluar gelanggang dan Anies tidak lagi punya pendukung,” tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty
        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: