PLN Sabet Penghargaan The Best SOE in Digital Service Transformation 2022
PT PLN (Persero) memperoleh penghargaan sebagai The Best SOE in Digital Service Transformation 2022 dalam ajang The Best State-Owned Enterprise Award 2022 di Bali. Hal ini menjadi bukti jika tranformasi yang dilakukan PLN berjalan dengan baik.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan penghargaan ini merupakan kehormatan bagi seluruh tim PLN karena transformasi di PLN ini bukan saja hanya dilakukan oleh Dirut atau BOD saja, tetapi oleh perjuangan seluruh pegawai.
Baca Juga: Dirut PLN: Masih Banyak Ruang Pengembangan EBT Baseload dari Potensi Hydro dan Geothermal
PLN telah melakukan transformasi sejak dua setengah tahun yang lalu. PLN melakukan inovasi dan efisiensi dengan digitalisasi sebagai pondasinya.
Digitalisasi tersebut menyentuh berbagai aspek, mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan, hingga pelayanan kepada pelanggan.
Baca Juga: PLN Angkat Direksi Nusantara Power dan Indonesia Power, Simak Susunannya!
"Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal," kata Darmawan dalam keterangan resminya, Jumat (23/9/2022).
Transformasi yang terus berjalan itu pun membuahkan hasil. Hal itu tercermin dari kinerja keuangan PLN yang meningkat di 2021, bahkan menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN. Pendapatan penjualan dan EBITDA mengalami peningkatan.
Kemudian, biaya pokok penyediaan berhasil ditekan dan utang PLN dibayar lebih cepat sehingga ada cost saving yang besar sampai lima tahun ke depan.
"Alhamdulillah juga, masyarakat menyambut perubahan kami. Dalam dua tahun ini pengguna PLN Mobile naik dari hanya puluhan ribu, menjadi 29 juta pengguna. Rating meningkat, dari hanya 2,5 menjadi 4,8. Salah satu yang terbaik di Asia Tenggara," ungkapnya.
Baca Juga: Investasikan US$850 Juta, PLN Mulai Bangun PLTA Cisokan 1.040 MW
Darmawan menambahkan bahwa dalam proses transformasi PLN ada perubahan tata kelola, struktur, skillset hingga core kompetensi demi membuat PLN menjadi perusahaan yang forward looking. Basisnya adalah transformasi, yang mengakomodasinya adalah digitalisasi.
"Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini, di balik transformasi PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN," kata Darmawan.
Baca Juga: PLN Jadi Penghasil Listrik Terbesar di Asia Tenggara, Ini Alasannya
"Tentu saja kami berkomitmen agar kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kami. Tentu saja program transformasi yang sudah berjalan akan kami teruskan, ini komitmen dari seluruh insan PLN," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas
Tag Terkait: