Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Nasdem Deklarasi Anies Capres, Reaksi Puan Saat Ditanya Persis dengan Jokowi: Posisinya Kita Masih dalam Suasana Duka

        Nasdem Deklarasi Anies Capres, Reaksi Puan Saat Ditanya Persis dengan Jokowi: Posisinya Kita Masih dalam Suasana Duka Kredit Foto: DPR
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung di pemilihan umum (pemilu) 2024. Keputusan yang sempat menghebohkan ini pun turut ditanyakan kepada Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

        Menghadapi pertanyaan soal itu, Puan nampak enggan berkomentar banyak. Menurutnya, saat ini Indonesia masih dalam suasana duka akibat tragedi kerusuhan Kanjuruhan yang menewaskan banyak korban jiwa.

        Baca Juga: Sah Jadi Bakal Capres Nasdem, Petinggi Demokrat Ini Yakin Anies Baswedan Bisa Wujudkan Restorasi Bagi Partai

        Meski demikian, Puan mengaku menghormati keputusan NasDem yang mencapreskan Anies. Menurutnya, setiap partai politik memiliki mekanisme dan kewenangan sendiri-sendiri untuk memilih dan menetapkan calon yang bakal maju dalam Pilpres.

        "Saat ini, saya, kita semua sedang dalam situasi duka terkait dengan banyak sekali korban yang berjatuhan dalam kejadian di Stadion Kanjuruhan. Lebih baik kita fokus dulu untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut," ujar putri bungsu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

        Sehari sebelumnya, Jokowi juga menunjukkan keengganan untuk mengomentari langkah NasDem mendeklarasikan Anies sebagai capres di Pilpres 2024, dengan alasan masih dalam nuansa duka.

        Baca Juga: Duet Anies-AHY Ternyata Bisa Lampaui Elektabilitas Ganjar-Puan, Hasil Survei Ungkap Penyebabnya

        "Saya tidak ingin berkomentar. Karena posisinya, kita masih dalam suasana duka," ucap Jokowi, saat kunjungan ke Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

        Apakah momentum NasDem umumkan Anies sebagai capres di saat masih suasana duka tragedi Kanjuruhan tidak pas? Pengamat politik Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengatakan, NasDem memang tak peka dengan melakukan deklarasi di tengah suasana duka. Padahal, tragedi Kanjuruhan sangat besar. Bahkan menjadi yang terbesar kedua di dunia.

        Surokim berharap, ketidakpekaan ini tidak terulang di kemudian hari. "Mari jadikan kegiatan-kegiatan partai sebagai wahana untuk bisa memupuk keteladanan, menguatkan solidaritas agar bisa terus bersama merasakan ujian atas kedukaan ini," ajaknya.

        Sementara dari Gerindra, terlihat lebih santai menyikapi keputusan NasDem mencapreskan Anies. Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut, keputusan tersebut merupakan hak setiap partai politik.

        Baca Juga: PDIP Mohon Dengar Saran Pengamat Soal Capres: Satu-satunya Kader yang Bisa Kalahkan Prabowo dan Anies Itu Hanya Ganjar!

        Dasco kemudian mengucapkan selamat pada NasDem atas keputusan mengusung Anies sebagai capresnya. Ia juga berharap, dengan dinamika politik yang ada, kompetisi pemilu bisa berjalan dengan sehat.

        "Untuk Partai NasDem, kami ucapkan selamat, karena telah mempunyai capres. Mari kita berkompetisi secara sehat," ucap Wakil Ketua DPR itu, kemarin.

        Baca Juga: Denny Siregar Senang Nasdem Pilih Anies Jadi Capres, Omongan Buat PDIP Menohok: Prabowo-Puan Sudah Pasti Kalahnya

        Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman memastikan, pihaknya siap berkompetisi secara sehat dengan Anies yang diusung Partai NasDem. Sebab, partainya juga sudah mengusung Prabowo Subianto sebagai capres untuk Pilpres 2024.

        Gerindra pun siap memberikan perlawanan terbaik, tentu secara santun. "Kampanye dengan cara-cara yang baik dengan penuh kegembiraan sehingga kita tidak saling menegasikan," ucapnya

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: