Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Profil Hendi, Wali kota Semarang yang Diangkat Jokowi Jadi Pejabat Setingkat Menteri

        Profil Hendi, Wali kota Semarang yang Diangkat Jokowi Jadi Pejabat Setingkat Menteri Kredit Foto: Biro Setpres
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden Jokowi melantik Hendrar Prihadi sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/10/2022).

        Hendrar Prihadi sebelumnya dikenal sebagai wali kota Semarang yang menjabat sejak tahun 2013.

        Baca Juga: Kemenparekraf dan LKPP Kolaborasi Buka Pendaftaran E-Katalog Jasa Akomodasi dan Paket Pertemuan

        Prestasi Selama Menjabat Wali Kota

        Pria yang akrab disapa Hendi ini, memulai karier politik pada tahun 2009 ketika terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan setahun setelahnya menjadi wakil wali kota Semarang. Lalu di tahun 2011 pria kelahiran Semarang, 51 tahun yang lalu ini diamanahi untuk menjadi pelaksanan tugas wali kota Semarang.

        Selanjutnya, pada tahun 2013 ia dilantik oleh Ganjar Pranowo sebagai wali kota Semarang, sebagai pengganti wali kota sebelumnya, Soemarmo HS.  Pasca itu Hendi kemudian mengikuti 2 kali pemilihan wali kota Semarang dan berhasil maju menjadi wali kota Semarang, bahkan pada pemilihan wali kota Semarang tahun 2020, Hendi berhasil memenangi kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut dengan angka 91,57%.

        Hendi pun kemudian berhasil membawa Semarang sebagai kota dengan pembangunan terbaik di Indonesia tiga kali berturut-turut, yaitu pada tahun 2019, 2020, dan 2021.

        Apresiasi yang datang dari pemerintah pusat itu pun lantas membuat Kota Semarang menjadi role model oleh banyak pihak, hingga kunjungan studi banding dari berbagai daerah menjadi pemandangan setiap hari yang lumrah di Balaikota Semarang.

        Selain itu, pemerintah pusat menobatkan Hendi sebagai pembina pelayanan publik terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 hingga 2019.

        Ia juga meraih penghargaan Anti Gratifikasi Award KPK RI tahun 2013 dan 2014 dan sebagai 'Best City Manager' (Manajer Kota Terbaik) oleh lembaga internasional Europe Business Assembly pada tahun 2014.

        Warga Semarang Sebut Wali kota Hendi Susah Tergantikan

        Beberapa warga Kota Semarang memberikan tanggapan mengenai Hendi yang dilantik menjadi pejabat pusat. Wiharto Kepala SMAN 3 Semarang mengatakan, sangat bangga Hendi dilantik menjadi pemimpin, karena prestasinya.

        "Saya bangga punya pemimpin seperti Mas Hendi. Sekarang menjadi pemimpin dan tokoh nasional. Mas Hendi dilantik jadi Kepala LKPP karena prestasi yang diraihnya dalam memajukan Kota Semarang. Harapannya, nanti walikota yang baru bisa melanjutkan apa yang pernah diraih oleh Mas Hendi," harap Wiharto.

        Hal senada juga disampaikan Ketua Karangtaruna Kota Semarang, IG Ananta Wijaya Putra.

        "Pertama saya bangga pemimpin Kota Semarang diangkat menjadi Kepala LKPP setingkat menteri. Itu karena prestasi dan capaian Mas Hendi dalam memajukan Kota Semarang. Mas Hendi adalah pemimpin yang merakyat. Kami bangga tapi juga kehilangan. Mas Hendi sebagai Pembina Karangtaruna mendapat apresiasi dari Pusat," Ananta berharap, Semarang makin maju, dengan Walikota nantinya bisa meneruskan program-program yang telah Hendi rancang dengan bergerak bersama lapisan masyarakat," pintanya.

        Sementara itu, Anandita, manajemen Klenteng Sampookong bangga sekaligus kehilangan.

        "Itu positif. Walikota Semarang adalah sosok yang hebat. Ditariknya Mas Hendi ke pusat itu suatu bukti bahwa kinerja Walikota Semarang diperhatikan oleh Presiden Jokowi. Harapan saya kepdepannya akan muncul Hendi-hendi lain, dan Semarang bisa melahirkan tokoh-tokoh seperti Mas Hendi lagi," kata Anandita.

        Shela alumni Unika Soegijapranata melihat bahwa kinerja Hendi sangat bagus. Pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik hebat.

        "Maka tak heran Mas Hendi menjadi Kepala LKPP. Rekam jejak Mas Hendi mumpuni. Harapan saya, prestasi dan program Mas Hendi dilanjutkan oleh walikota berikutnya. Ada inovasi-inovasi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat," harap Shela warga Kota Semarang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: