Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Turut Edukasi Publik, SW Indonesia Ramaikan CMSE 2022

        Turut Edukasi Publik, SW Indonesia Ramaikan CMSE 2022 Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        SW Indonesia berpartisipasi mengisi booth informasi akuntan publik dan konsultan keuangan untuk  memberikan edukasi tentang proses Go Public dalam Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2022 yang diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2022 oleh Bursa Efek Indonesia atau Indonesia Stock Exchange (IDX).

        Kegiatan CMSE merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang diperingati setiap Oktober 2022 di seluruh Indonesia.

        Kegiatan ini sekaligus menjadi peringatan 45 tahun diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia yang merupakan kolaborasi antara Otoritas Jasa Keuangan, PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

        Tujuan dari BIK sendiri sebagai langkah untuk mencapai target inklusi keuangan pemerintah yang mencapai 90% di tahun 2024, mengkampanyekan budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan.

        Konsep seluruh kegiatan CMSE 2022 ini diselenggarakan menggunakan web-based application yang dikembangkan khusus melalui alamat website www.cmse.id. SW Indonesia merupakan satu dari dua Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berkesempatan membuka booth virtual selama tiga hari terakhir. 

        SW Indonesia membantu masyarakat dan peserta yang berkunjung untuk mendapatkan edukasi mengenai kantor akuntan publik serta jasa keuangan yang dapat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan jasa profesional.

        SW Indonesia melalui SW Business Advisory juga aktif memberikan edukasi tentang proses Go Public bagi perusahaan-perusahaan yang ingin tercatat di pasar modal. Terbukti melalui partisipasi kegiatan otoritas pasar modal yang dilakukan, SW Indonesia berhasil mengedukasi hampir 600 pengunjung booth edukasi virtual ini.

        Partisipasi SW Indonesia dalam kegiatan CMSE 2022 menjadi salah satu rangkaian kegiatan SW Indonesia dalam perayaan hari jadi kedua pada 10 Oktober 2022 yang lalu.

        Pada perayaan kali ini, SW Indonesia memfokuskan rangkaian kegiatannya pada program Sustainable Development Goals (SDGs) yang dibagi ke dalam tiga kluster, yaitu SW Sustainability, SW People dan SW Learning.

        Selain berpartisipasi dalam CMSE 2022 ini, SW Indonesia juga mengadakan webinar pajak gratis pada 12 Oktober 2022 sebagai rangkaian kegiatan pada kluster SW Learning.

        Bertajuk “Tren Sengketa Transfer Pricing di Indonesia” webinar secara virtual ini berlangsung selama dua jam dengan menghadirkan Tax Partner SW Indonesia Galih Gumilang yang dibuka dengan sambutan dari Chairman SW Indonesia Ahmadi Hadibroto.

        Webinar ini dihadiri lebih dari 300 peserta dari berbagai institusi pemerintah dan swasta di Indonesia, mulai dari kalangan akademisi dan praktisi berbagai kampus hingga staf dan jajaran direksi perusahaan.

        Sebelumnya, webinar perpajakan serupa yang bertajuk “Best Practice Teknis Penyusunan TP Documentation 2021” diselenggarakan SW Indonesia pada Juli 2022 yang lalu. Antusias peserta yang tinggi membuat SW Indonesia.

        Webinar yang diadakan ini merupakan rangkaian awal dari offline workshop perpajakan yang akan diselenggarakan untuk kedua kalinya oleh SW Indonesia.

        Offline workshop serupa sebelumnya juga pernah dilaksanakan dan mendapatkan antusias yang baik dari para peserta, sehingga SW Indonesia kembali menghadirkan Galih Gumilang sebagai narasumber pada workshop bertajuk “Kupas Tuntas Penyusunan TP Documentation (Batch 2)” ini.

        Offline Workshop Perpajakan Batch 2 akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022 di Hotel Grand Mercure, Harmoni. Workshop terbatas untuk 20 peserta dengan investasi Rp 2.500.000/peserta.

        Investasi ini sudah mencakup benefit yang diperoleh masing-masing peserta berupa materi workshop, training kit, template MF dan LF, coffee break, makan siang dan e-certificate.

        Tidak berhenti di situ, pada kluster SW Sustainability SW Indonesia melaksanakan dua kegiatan, yaitu berpartisipasi dalam program Aksi Peduli Alam (APA) di Karet Semanggi, Jakarta (02/10) serta melakukan penanaman 1.500 bibit pohon di Sentul, Jawa Barat (09/10).

        APA merupakan salah satu program kerja dari Perhimpunan Alumni Atma Jaya (Perluni UAJ) sebagai partisipasi aktif dalam Hari Habitat Internasional.

        SW Indonesia merupakan salah satu kolaborator partisipan dengan semangat untuk menyebarkan inisiatif peduli lingkungan. Pada kegiatan tersebut, tim SW Indonesia berhasil meraih juara dalam kompetisi pengumpulan sampah terbanyak untuk membersihkan lingkungan kelurahan.

        Kegiatan lain yakni penanaman 1.500 bibit pohon yang merupakan program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) SW Indonesia yang ditujukan untuk penghijauan dan ketahanan pangan.

        Kegiatan ini disambut baik oleh warga Kampung Wangun Dua, Sentul, dimana penanaman yang dilakukan juga bermanfaat bagi kehidupan sehari-harinya, yaitu tanaman pangan yang digunakan sebagai mata pencaharian warga.

        Pada kluster SW People dilaksanakan dua kegiatan, yaitu workplace spirituality (10/10) dan worklife balance (10/10). Workplace spirituality berupa aktualisasi Faith atau Iman sebagai salah satu nilai inti SW Indonesia, melalui kegiatan ibadah syukur dan doa lintas agama.

        Kemudian dilanjutkan dengan acara makan siang ulang tahun tim yang berlokasi di empat provinsi berbeda dan permainan kebersamaan sebagai wujud implementasi worklife balance di SW Indonesia.

        CEO SW Indonesia Michell Suharli juga menyampaikan kebanggaannya atas dua tahun perjalanan SW Indonesia. Melalui berbagai rangkaian kegiatan yang mengedepankan SDG, SW Indonesia ikut turut ambil bagian dalam program global para pemimpin dunia.

        Refleksi perjalanan SW Indonesia tahun kedua dideskripsikan dalam tema Kita bertahan, kita selamat, dan kita sedang bertumbuh.

        Semester pertama tahun kedua fokus CSR SW Indonesia masih membantu masyarakat melalui vaksinasi gratis. Sementara semester kedua diisi dengan kegiatan peduli planet, pemulihan kesehatan mental, dan edukasi publik untuk hidup lebih sejahtera.

        “Semangat bertumbuh itu akan diwujudkan dengan perluasan pengaruh ke Asia Tenggara. Ini dimulai dari penguatan proses bisnis cabang Bali, pengembangan business process outsourcing di Filipina, kolaborasi strategis dengan SW Singapura dan SW Malaysia, serta langkah-langkah strategis lain.”

        “Kita memulai usaha ini sejak 20 tahun lalu, yang dua tahun terakhir menggunakan merek SW Indonesia. Jatuh bangun, suka duka dan manis pahit selama 20 tahun harus menjadi alasan yang kuat dan menghadirkan hasrat menyala-nyala setiap insan SW untuk bertumbuh terus, untuk mampu berkontribusi lebih banyak. Pertama, kontribusi bagi profesi akuntan. Kedua, kontribusi bagi bangsa negara dan terakhir kontribusi bagi sesama manusia,” ujar Michell dalam sambutannya.

        Seluruh rangkaian kegiatan perayaan hari jadi kedua SW Indonesia ini disesuaikan dengan aksi dunia yang dipelopori oleh PBB, yaitu Sustainable Development Goals (SDGs).

        Aksi ini berisi 17 tujuan utama yang diharapkan dapat dicapai oleh negara yang tergabung dalam PBB pada tahun 2030. Program SDGs ini berfokus pada perwujudan negara berkelanjutan dengan mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan sosial serta melindungi lingkungan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: