Sukses Dipamerkan, Produk UMKM Indonesia Jadi Buruan Jurnalis Peliput KTT G20 Bali
Panitia media center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ternyata tidak hanya menyediakan fasilitas kerja namun juga mengundang berbagai UMKM agar para jurnalis bisa cuci mata dengan berbagai produk UMKM yang menarik. Gerai-gerai UMKM ini terdapat di lobi Media Lounge Ruang Nusantara lantai 2, BICC.
Berbagai gerai menawarkan produk-produk mulai perawatan tubuh dan kecantikan seperti spa, perhiasan, provider telpon genggam, mebel dan perlengkapan rumah tangga.
Baca Juga: Enam UMKM Binaan Rumah BUMN SIG Rembang Ikuti Future SMEs Village di KTT G20
Salah satu produk yang banyak didatangi jurnalis maupun para delegasi adalah perlengkapan rumah tangga dan aksesoris yang terbuat dari kayu “Balisynwood”.
“Saya bersyukur mendapat kesempatan berpartisipasi di pameran G20,’’ kata Wikrama Putra salah satu pemilik Balisywood, Kamis (17/11/2022).
Menurut Wikrama sejak hari pertama pengunjung membeli beberapa alat-alat makan dan hiasan dinding. Beberapa pengunjung dari Belgia, Jepang, dan Prancis bahkan menyatakan ingin berkunjung ke pabrik pembuatannya.
Memilih barang dari bahan dasar biomassa tropis kaya silicon dari sekam padi dan jerami, produk Balisynwood lahir bermula dari rasa prihatin tentang polusi bagi bumi akibat asap dari kebakaran hutan yang dilakukan oleh masyarakat.
Baca Juga: Tak Mungkin Bersama, Wacana Duet Anies Baswedan Bareng Gibran bin Jokowi Dinilai Cuma Khalayan
Teknologi kayu sintetik ini menghasilkan aneka kerajinan kayu tradisional Bali seperti pintu berukir, ragam hiasan ukiran dan aneka kerajinan pop-arts seperti pahatan berbentuk binatang sebagai pajangan rumah.
Kisaran harga untuk produk kayu alami ini mulai Rp15 ribu ke atas untuk alat rumah tangga dan Rp6 juta untuk mebel lengkap.
Produk UMKM yang tidak kalah diminati terutama oleh pengunjung perempuan adalah serum wajah yang berasal dari rumput laut. Sejak hari pertama KTT G20, produk ini sudah diserbu jurnalis dan tamu delegasi. Menurut penjaga gerai, serum rumput laut yang dibrandol dengan harga 180 ribu rupiah mempunyai manfaat agar kulit wajah terlihat alami.
Baca Juga: Nilai Wacana Duet Anies Baswedan dan Gibran Cuma Angin Lewat, PKS Tegaskan: Hanya Aher atau AHY!
Produk ini dibuat oleh dua orang sahabat, Putu Ayu Cempaka dan Made Dwi Kemala Sari,“Kami bersahabat dari sekolah dasar kebetulan memiliki hobi berdandan akhirnya kami sepakat membuat produk-produk alam yang berbeda dengan formula unik. Lahirlah serum dan produk perawatan tubuh dari Winka Beauty,” jelas Cempaka.
Dari hobi menjadi bisnis membuat kedua perempuan Bali ini percaya diri sehingga berani mendaftar untuk ikut kurasi sebagai syarat diterima produknya di KTT G20. Mereka berdua sangat bangga selain lolos kurasi juga bisa berpartisipasi dalam KTT G20.
Salah satu gerai UMKM yang juga selalu ramai adalah asesoris dari perak yang berasal dari Singapadu, Gianyar, anting, kalung dan gelang dengan desain elegan menjadi pilihan paling banyak yang dibeli oleh jurnalis terutama dari media asing.
Baca Juga: Dinilai Blunder Saat Kritik Anies Baswedan, Elite Megawati Jadi Bulan-bulanan: Ngakunya Pengacara...
Ciri khas ukiran Bali dalam desain aksesoris bisa menjadi kenang-kenangan mereka kembali ke tanah air masing-masing. Di pojok galeri UMKM ada dua tempat andalan Spa bila badan terasa lelah yaitu Piramida Spa dan The Calma Spa yang menyediakan terapis pijat.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: