Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Efek Anak Jokowi Tak Kelihatan, Ternyata Inilah Duet Paling Tepat Buat Anies Baswedan

        Efek Anak Jokowi Tak Kelihatan, Ternyata Inilah Duet Paling Tepat Buat Anies Baswedan Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hasil Survei Terbaru Lembaga Voxpol Center terkait dengan calon wakil presiden dari Anies Baswedan telah muncul ke permukaan di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

        Hasilnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinobatkan sebagai duet yang paling tepat untuk mendampingi mantan menteri pendidikan tersebut.

        Baca Juga: Menendang Balik Elite Megawati Terkait Kejelasan Deklarasi, Kubu Anies Baswedan: Ini Bedanya...

        Dalam simulasi dua poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas sampai 50,7 persen Sementara, pasangan Anies-Aher diperkirakan meraih elektabilitas 46,3 persen.

        Kombinasi pasangan Anies-Khofifah diprediksi mendapat elektabilitas 42,9 persen. Untuk pasangan Anies-Andika diramalkan memperoleh elektabilitas 46,9 persen.

        Simulasi dua poros itu mengasumsikan koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS bertarung melawan koalisi raksasa PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PAN, dan PPP.

        Dalam simulasi tiga poros, pasangan Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3 persen. Selain itu, pasangan Anies-Aher diperkirakan mendapat elektabilitas 29,3 persen.

        Baca Juga: Koalisinya Dikabarkan Kepanasan Sama Manuver Anies Baswedan, Elite Demokrat: Kami Mohon Maaf...

        Kemudian terkait kombinasi lainnya yakni pasangan Anies-Khofifah diprediksi meraih elektabilitas 28,2 persen.

        Sedikit lebih rendah ketimbang pasangan Anies-Andika yang diperkirakan mendapat elektabilitas 32,5 persen atau pasangan Anies-Sandiaga Uno yang diramalkan mendapat elektabilitas 33,8 persen.

        Direktur Eksekutif Voxpol Center Syarwi Pangi Chaniago mengungkapkan beberapa faktor, di antaranya AHY, unggul secara elektabilitas, terutama dalam posisi sebagai Cawapres.

        Baca Juga: Koalisi dan Anies Baswedan Tak Bisa Memberi Kejelasan, Elite Megawati: Jangan Ngebacot Terus...

        Kedua, AHY adalah pengambil keputusan kunci dengan osisinya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai membuat AHY menjadi figur yang ikut mengambil keputusan tentang siapa Capres dan Cawapres yang akan diusung Partai Demokrat.

        Selanjutnya, sebagai mantan perwira militer, yang kini menjabat Ketua Umum dari partai yang asasnya nasionalis-religius, AHY menjadi sosok yang nasionalismenya tidak perlu diragukan lagi.

        "AHY selama belasan tahun mempertaruhkan nyawanya untuk membela bangsa dan negara, Pancasila dan UUD 1945, apalagi yang kurang," ungkap dia.

        Adapun, dalam simulasi tiga poros, koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS diperkirakan bertarung melawan koalisi PDIP, Golkar, PAN dan PPP serta koalisi Gerindra dan PKB.

        Baca Juga: Buat NasDem dan Demokrat Satu Meja, Misi Anies Baswedan Melakukan Makan Bersama Koalisi Terbaca!

        Ada pula asumsi PDIP berkoalisi dengan Gerindra dengan PKB, menghadapi koalisi Golkar, PAN dan PPP dan koalisi Nasdem, Demokrat dan PKS.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: