Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Habib Rizieq Sebut Banyak ‘Raja Bohong’ Punya Jabatan Tinggi di Indonesia, Refly Harun: Penting Bagi Kita Mendengarkan Dia!

        Habib Rizieq Sebut Banyak ‘Raja Bohong’ Punya Jabatan Tinggi di Indonesia, Refly Harun: Penting Bagi Kita Mendengarkan Dia! Kredit Foto: Instagram/Refly Harun
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ahli hukum tata negara dan pengamat politik Indonesia, Refly Harun mengatakan rakyat Indonesia harus mendengarkan dan mempertimbangkan pernyataan Habib Rizieq Shihab. 

        Ini adalah komentar Refly mengenai salah satu ceramah Habib Rizieq yang menyebut banyak ‘Raja Bohong’ di Indonesia yang memiliki jabatan tinggi.

        “Yang kita harus pahami itu adalah bahwa Habib Rizieq tetap di orbitnya ya, artinya dia orbit opposition ya orbit oposisi kepada pemerintah,” kata Refly melalui youtube channelnya, Senin (21/11/22).

        Baca Juga: Jejak Anies Baswedan Mulai Dihilangkan, Refly Harun Heran Lihat Buzzer Puji 'Orangnya Jokowi' Pengisi Kursi Anies: Aneh!

        “Tetapi kalau kita lihat pernyataan ini lebih sebagai seorang Dai yang mengingatkan penguasa. Jadi bukan ulama yang mendekat ke istana tapi ulama yang mendekat yang mengingatkan penguasa,” tambahnya.

        Menurut Refly, RIzieq bukanlah tipe ulama yang datang ke istana dan bukan pula ulama yang dikunjungi istana.

        “Nah kalo Habib Rizieq tidak dua-duanya, tidak datang ke istana dan tidak dikunjungi istana ya,” katanya.

        Baca Juga: Habib Rizieq Disebut Sejajar dengan Anies Baswedan Layak Pimpin Perubahan di Indonesia, Refly Harun: Dia Tidak Tertarik Jadi Calon Presiden!

        “Jadi dia betul-betul menjadi seorang penceramah, seorang pemimpin umat yang berada di luar mainstream kekuasaan istana. Karena itu penting bagi kita untuk mendengarkan apa sesungguhnya perspektif Habib Rizieq dalam dalam konteks tertentu. Ya seperti si raja bohong misalnya,” ungkapnya. 

        Refly juga menyebut mengenai istilah ‘raja bohong’ dalam imajinasi masyarakat, mereka sudah tahu siapa yang dimaksud tetapi tidak boleh mention the name (menyebut nama) specifically (secara spesifik).

        Baca Juga: Kembali Isi Ceramah, Habib Rizieq: Ada Orang Jabatannya Tinggi, Tapi Kerjaannya Ngebohong Melulu, Kasih Dia Gelar 'Si Raja Bohong'!

        “Ya apa yang dikatakan  Habib Rizieq tentu ngeri-ngeri sedap juga ya barangkali. Ditambah menurut saya dia tidak mungkin berkampanye untuk calon tertentu mengingat keterbatasan yang ada,” ungkap dia. 

        “Tapi berkomentar boleh dong masa tidak boleh berkomentar,” tambahnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty
        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: