Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dorong Pengembangan Merek Asli Indonesia Agar Bisa Bersaing di Pasar Global, IOB 2022 Digelar

        Dorong Pengembangan Merek Asli Indonesia Agar Bisa Bersaing di Pasar Global, IOB 2022 Digelar Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pasca pandemi, Indonesia masih menghadapi tantangan ekonomi dan ancaman resesi akibat krisis global. Di saat seperti ini, peran merek asli Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarat dan menggerakkan roda ekonomi di Indonesia.

        Melalui Indonesia Orginal Brand Awards (IOB) 2022, SWA Media Group dan Business Digest kembali memberikan penghargaan kepada merek-merek asli Indonesia yang menunjukkan kinerja terbaik di tengah kondisi ekonomi yang semakin menantang. Program IOB ini dilakukan untuk mendorong merek-merek asli Indonesia agar terus berkembang dan meningkatkan daya saing baik di dalam negeri maupun pasar global.

        Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan lebih dari 5.000 responden yang tersebar di 6 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar dengan 109 kategori produk. Usia responden 21-40 tahun dengan minimal Pendidikan SLTA. Adapun metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada pengguna merek yang pernah digunakan, dengan empat parameter penilaian yakni kepuasan, loyalitas, advokasi dan daya saing terhadap merek asing.

        Dari hasil survei tersebut, bisa dilihat Index IOB meningkat selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2017, Index IOB sebesar 7,26 kemudian meningkat menjadi 8,23 di tahun 2022. Selain itu, SWA & Business Digest juga melakukan pemeringkatan dari hasil survei itu dengan predikat Excellent, Very Good, dan Good.

        Berikut beberapa penerima penghargaan berpredikat Excellent : Garda Oto, Madu TJ, FreshCare, Emco, Campina, Indocafe Cofffeemix, LM Antam, Untung Bersama Sejahtera (UBS), Mandiri E-Money, Rumah Zakat, Fatigon, Fatigon Spirit, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Imboost.  Predikat Very Good antara lain Hotin Cream, GT Radial, Finna, Prodia, Ladaku, Evalube, BAZNAS RI, Federal Oil, dan OBH Combi. Sementara penerima penghargaan dengan predikat Goodantara lain Solaria, Kopi Kenangan, dan Mixagrib.

        Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media menyampaikan apresiasinya kepada pemenang Indonesia Orginal Brand Awards 2022.
        Dia berharap pemberian penghargaan ini bisa mendorong merek asli Indonesia untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran, agar produknya tetap relevan. “Harapannya, merek asli Indonesia ini, bisa menjadi raja di negeri sendiri dan saatnya merambah ke negara-negara lain dengan memberi nilai tambah kepada konsumen di negeri lain,” ujarnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: