Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Belanja Produk Lokal Terealisasi Rp547 Triliun, Jokowi Minta Ditingkatkan Lagi

        Belanja Produk Lokal Terealisasi Rp547 Triliun, Jokowi Minta Ditingkatkan Lagi Kredit Foto: Twitter/Joko Widodo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat koordinasi untuk memonitor percepatan penggunaan produk dalam negeri dan usaha mikro kecil (UMK) sebagaimana diatur oleh Inpres No2/2022.

        Berdasarkan laporan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), penggunaan produk dalam negeri saat ini mencapai angka Rp547 triliun atau 44,9% dari total keseluruhan anggaran belanja yang disiapkan.

        Angka tersebut menurut Jokowi sudah baik dan menunjukkan belanja produk dalam negeri sudah semakin meningkat. Namun ia memberi target belanja produk dalam negeri di tahun 2023 harus lebih ditingkatkan lagi. "Sebaliknya penggunaan produk-produk impor harus semakin kecil dan dihilangkan," tegasnya di Tangerang, kemarin.

        Jokowi menambahkan untuk bisa terus konsisten meningkatkan belanja produk lokal, ada beberapa hal yang wajib dilakukanPertama, memperbanyak produk dalam negeri yang memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar kualitas produk dalam negeri semakin meningkat.

        "Tapi proses pengurusan sertifikasi untuk produk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi harus dipermudah. Jangan sampai menyulitkan dan memperberat," tuturnya.

        Baca Juga: Nilai Ekspor Sawit September Turun 31%

        Kedua, mempercepat proses digitalisasi untuk peningkatan penyerapan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi. Ketiga, meningkatkan riset untuk menghasilkan produk substitusi impor.

        "Keempat, berikan insentif bagi investor dan industri yang mengembangkan dan memproduksi produk substitusi impor," tandas Kepala Negara.

        Jokowi menilai pembelian produk-produk dalam negeri dapat membuka lapangan kerja dan menghidupkan industri-industri kecil di dalam negeri. Dampaknya adalah perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Boyke P. Siregar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: