Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ganjar Pranowo Paling Cocok dengan Erick Thohir, Anies Baswedan dengan AHY, Hasil Survei Buktikan Pertarungan Bakal Sengit

        Ganjar Pranowo Paling Cocok dengan Erick Thohir, Anies Baswedan dengan AHY, Hasil Survei Buktikan Pertarungan Bakal Sengit Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil jajak pendapat pemilihan presiden 2024. Salah satu hasilnya menunjukan pasangan capres-cawapres potensial untuk maju dalam kontestasi politik itu.

        Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi memaparkan ada tiga nama dengan elektabilitas sebagai capres paling tinggi. 

        Di antaranya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, eks Gubernur DKI Anies Baswedan, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

        Dalam hasil surveinya, Ganjar memperoleh elektabilitas tertinggi dari 19 nama tokoh dengan suara 27 persen. Lalu disusul Anies 23,7 persen dan Prabowo 16,3 persen.

        Baca Juga: 'Bila Bapak Terpilih Jadi Presiden 2024 Apakah Akan Lanjutkan Legacy Jokowi?', Begini Jawaban Jujur Ganjar

        Selanjutnya, Indikator Politik Indonesia juga mensurvei kandidat cawapres paling potensial dengan elektabilitas tertinggi. 

        Terdapat lima nama dengan suara terbanyak, yakni Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Khofifah Indar Parawansa.

        "Pada simulasi 18 nama semi terbuka calon wakil presiden, Ridwan Kamil paling banyak dipilih, 19,7 persen , kemudian AHY 16,3 persen, Sandiaga Uno 12,8 persen, Erick 9,6 persen, Khofifah 5,3 persen, nama-nama lain lebih rendah, sementara belum menjawab 15,5 persen," ujar Burhanuddin dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/12/2022).

        Dari tiga nama capres teratas, Burhanuddin juga menyebutkan siapa saja cawapres yang paling cocok jadi pendamping.

        Baca Juga: Dokter Tifa Puji Kesiapan Puan Maharani Menuju Pilpres 2024: Dia Satu-satunya Perempuan!

        Hasilnya, Ganjar dianggap paling cocok dengan Erick Thohir, Anies dengan AHY, dan Prabowo dengan Ridwan Kamil. Ganjar-Erick mendapatkan suara 19,2 persen, Anies-AHY 28,6 persen, Prabowo-Kang Emil 17,8 persen.

        "Basis Ganjar terutama lebih prefer kepada Erick Thohir dan Ridwan Kamil sebagai cawapres. Basis Anies terutama lebih prefer kepada AHY, Ridwan Kamil, atau Sandiaga Uno sebagai cawapres. Dan basis Prabowo preferensinya terhadap cawapres sangat mirip dengan basis Anies," tuturnya.

        Menurut Burhanuddin, bila melihat dari tren waktu ke waktu, elektabilitas dan dukungan untuk Erick Thohir terus mengalami kenaikan.

        Baca Juga: Pasangan Ini Ternyata yang Diinginkan Kubu Presiden Jokowi Maju dalam Pilpres 2024, Nama Mereka Tak Pernah Terdengar Bersanding

        “Melihat ketertarikan dari basis pendukung, cocok jika Erick Thohir kemudian diduetkan dengan Ganjar Pranowo," katanya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: