Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Curhat Langsung Sama Jokowi, Ganjar Pranowo Bela Nasib Guru: Wah Pak Katanya Mau Ada Pengangkatan...

        Curhat Langsung Sama Jokowi, Ganjar Pranowo Bela Nasib Guru: Wah Pak Katanya Mau Ada Pengangkatan... Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyoroti bagaimana nasib dan kesejahteraan guru dalam pembangunan pendidikan yang tengah gencar dilakukan di Indonesia.

        Dirinya mengatakan memang bahwa setiap guru harus memahami setiap potensi yang bisa dikembangkan oleh siswanya.

        Baca Juga: Tak Heran Hampir Bisa Menyusul Ganjar Pranowo, Ini Rahasia Meroketnya Elektabilitas Anies Baswedan!

        Namun, agar menciptakan pendidikan sebagai ruang kemanusiaan, perhatian bagi kesejahteraan guru juga harus menjadi prioritas utama.

        "Peran guru harusnya memahami potensi yang ada di setiap siswa. Tidak ada yang mewajibkan siswa pandai fisika dan matematika, menguasai ekonomi dan geografi. Mereka punya potensi masing-masing, biarkan pada pilihannya," kata Ganjar saat hari ulang tahun ke-77 PGRI dan peringatan hari Guru Nasional di Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (3/12/2022). .

        "Enggak fair (adil), membicarakan pembangunan pendidikan tapi enggak membicarakan sumber pendapatan para pengajarnya," kata Ganjar.

        Orang nomor satu di Jawa Tengah itu lantas menyebut nama Presiden Joko Widodo, yang juga turut menghadiri hari ulang tahun PGRI bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim.

        Baca Juga: Wacana Duet Anies Baswedan dan Mahfud MD, NasDem Dinilai Tak Akan Restui: Dia Menterinya Jokowi!

        Dia mengaku banyak mendapat keluhan dari para guru soal kesejahteraan mereka. Para guru banyak mengeluhkan soal Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK guru.

        "Kira-kira gini Pak, 'Wah Pak katanya mau ada pengangkatan 1 juta PPPK. Mbok guru diutamakan,' katanya gitu. Dan tentu saja saya yakin bapak ibu yang hadir juga menerima curhat seperti itu di tempat masing-masing, apalagi kepala daerah," kata Ganjar.

        Baca Juga: Bikin Anies Baswedan Tak Punya Kesempatan, Prabowo dan Ganjar Pranowo Disarankan Buat Bersatu!

        Ganjar menyakini kedepannya bakal terdapat peningkatan penerimaan pengangkatan PPPK guru.

        "Jika liat 2021 catatan saya Mas Menteri ada 300 ribu pengangkatan, pada 2022 (terdapat) 399 ribu. Saya yakin tahun depan ini akan ada peningkatan," kata dia.

        Baca Juga: Ganjar Pranowo atau Prabowo, Tak Konsistennya Jokowi Sukses Membuat Politik Jadi Macam Dagelan!

        Dan Insya Allah tahap-tahapan itu akan kita lalui. Dan kami di Jawa Tengah telah melantik 5.788 ribu guru PPPK dan 31 Oktober kita buka lagi penerimaan PPPK kira-kira ada 4600 lowongan yang kami masukan, 4361 orang dimasukan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: