Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Nikahkan Anak-anaknya saat Jadi Presiden RI, Jokowi Tak Terima Amplop, Gimana Waktu SBY?

        Nikahkan Anak-anaknya saat Jadi Presiden RI, Jokowi Tak Terima Amplop, Gimana Waktu SBY? Kredit Foto: Twitter/Kaesang Pangarep
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Gibran Rakabuming Raka menjawab tudingan dari warganet yang mempertanyakan total sumbangan yang didapat Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menikahkan anaknya. Diketahui, selama menjabat, Jokowi akan menggelar acara pernikahan anaknya sebanyak tiga kali.

        Gibran selaku putra pertama Jokowi menegaskan bahwa tidak pernah ada sumbangan saat Presiden menikahkan semua anaknya. Termasuk saat menikahkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi, dan Erina Gudono.

        Baca Juga: 'Gelombang Balik' Jadi Kekuatan Anies: Makin Rakyat Anggap Jokowi Gagal, Makin Naik Elektabilitas Anies

        "Menjabat dua periode, Presiden Jokowi mantu 3 kali. Kira2 total sumbangan yang didapat berapa?" demikian ujar warganet @abdulxxx.

        Gibran menjawab tegas bahwa tidak ada sumbangan sama sekali, bersamaan dengan melampirkan potongan sebuah berita yang mendukung pernyataannya.

        Penegasan itu juga tertuang dalam undangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang sempat tersebar. Dalam undangan itu terdapat tulisan pemberitahuan "Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun". Pemberitahuan tersebut tertulis di bagian bawah kartu akses masuk di dalam surat undangan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

        Alasannya adalah demi menghindari gratifikasi yang rawan terjadi ketika pejabat menggelar hajatan. Gibran juga sempat mengakui keluarganya tak menerima sumbangan karena tidak ingin menyusahkan para tamu.

        "Kami nggak mau merepotkan tamu yang kita undang, kita didatangi tamu undangan bisa rawuh (datang) aja sudah seneng," katanya, dikutip Rabu (7/12).

        Hal serupa sebenarnya juga telah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menikahkan anaknya. SBY menegaskan bahwa pihaknya tidak menerima bingkisan atau hadiah saat menikahkan anaknya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa.

        Baca Juga: Gegara Acara Pernikahan Kaesang Ditangani Sama Menteri, Jokowi Dikuliti Habis: Sangat Aneh...

        SBY mengaku tidak ingin terkena fitnah yang berkaitan dengan gratifikasi sehingga ia meminta undangan yang hadir tidak memberikan hadiah dalam bentuk apapaun.

        Juru Bicara Presiden Julian Adrin Pasha mengungkapkan, dalam undangan yang dibagikan sudah tertulis agar para tamu tidak membawa bingkisan bentuk apapun. Panitia juga tidak memberikan ruang buat penerimaan kado atau berbagai suvenir lainnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: