Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gak Main-main! Ternyata Ini Harga Jet Pribadi yang Digunakan Anies Baswedan untuk Keliling Safari Politik!

        Gak Main-main! Ternyata Ini Harga Jet Pribadi yang Digunakan Anies Baswedan untuk Keliling Safari Politik! Kredit Foto: Antara/Ampelsa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bakal calon presiden (bacapres) Nasdem, Anies Baswedan baru-baru ini memancing perbincangan karena menggunakan jet pribadi saat melakukan safari politik keliling Indonesia.

        Videonya Anies Baswedan pun viral di media sosial dan mengundang banyak komentar warganet terkait gaya calon presiden dari Partai Nasdem ini.

        Asal muasal jet pribadi tersebut pun jadi pertanyaan, milik siapa dan seperti apa jet pribadi tersebut.

        Soal jet pribadi Anies Baswedan ini, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali, mengatakan bahwa kedatangan Anies Baswedan dengan jet pribadi karena alasan efisiensi waktu dan belum ada pesawat komersial rute Aceh-Padang.

        Baca Juga: Pertanyakan Siapa yang Biayai Private Jet Mewah dalam Safari Politik Anies Baswedan, Pengamat: Dari Mana Dana Itu?

        Karena alasan itulah, Nasdem memfasilitasi Anies Baswedan dengan sebuah jet pribadi untuk terbang langsung dari Aceh menuju Padang.

        “Kita enggak maksud bermewah-mewahan. Tapi karena efektivitas waktu," ujar Ali.

        Menurut Ali, jet pribadi yang ditumpangi Anies merupakan sewaan. Anies Baswedan menurutnya tidak punya kendaraan mewah seperti demikian.

        Adapun jet pribadi yang digunakan Anies Baswedan adalah Embraer Legacy 650. Melansir suara.com, berdasarkan pelacakan penerbangan Embraer Legacy 650 yang ditumpangi Anies Baswedan melalui situs Flight Radar 24, Sabtu (3/12/2022).

        Jet Craft melansir, Embraer Legacy 650 termasuk ke dalam keluarga jet bisnis Embraer yang didasarkan pada jet penumpang pesawat komersial regional ERJ-145.

        Dilansir dari Guardian Jet, harga Embraer Legacy 650 berada di kisaran Rp 198-366 miliar.

        Baca Juga: Sengit! Kritik Kinerja Anies selama Jabat Gubernur DKI, Relawan Ganjar Pranowo Debat Panas dengan Politikus Demokrat

        Embraer Legacy 650 adalah turunan dari model Legacy 600 tetapi menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan lorong yang lebih rendah dengan ruang kepala yang lebih besar.

        Spesifikasi mesin Embraer Legacy 650 Embraer Legacy 650 seperti yang ditumpangi Anies Baswedan mempunyai bentang sayap 28,5 meter dan panjang badan pesawat 30,3 meter.

        Sedangkan mesinnya menggunakan Rolls Royce AE3007A2 yang terletak di dekat sayap bagian belakang. Pesawat ini bisa terbang dengan kecepatan 850 km/jam dan memiliki jangkauan hingga 3.900 mil.

        Baca Juga: Sengit! Kritik Kinerja Anies selama Jabat Gubernur DKI, Relawan Ganjar Pranowo Debat Panas dengan Politikus Demokrat

        Jet pribadi ini turut dilengkapi kabin dengan tinggi 1,8 meter, lebar 2,1 meter, panjang 15 meter. Ada 14 kursi penumpang dan dua kursi untuk kru pesawat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

        Bagikan Artikel: