Orang Terkaya Dunia Tunjuk Putri Semata Wayang Jadi Pemimpin Baru Christian Dior
Putri orang terkaya dunia, Bernard Arnault yang bernama Delphine Arnault telah ditunjuk oleh sang ayah untuk naik ke posisi puncak di Christian Dior. Wanita berusia 47 tahun ini telah bekerja di bisnis keluarga selama 22 tahun. Ia merupakan ahli waris yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden eksekutif Louis Vuitton.
Delphine sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur pelaksana Dior dari tahun 2001 hingga 2013.
Melansir New York Post di Jakarta, Kamis (12/1/23) Delphine bergabung dengan empat saudara laki-lakinya untuk memimpin salah satu perusahaan atau divisi LVMH, termasuk Frederic yang menjadi CEO Tag Heuer dan Alexandre (30) yang diangkat sebagai wakil presiden eksekutif di Tiffany & Co. pada tahun 2021. Dari kelimanya, Delpine Arnault paling banyak terlibat dalam dunia fashion.
Perubahan yang diumumkan ini mulai berlaku pada bulan Februari, mengikuti penunjukan putra tertua Bernard Arnault, Antoine Arnault baru-baru ini untuk mengepalai perusahaan induk keluarga.
Bernard Arnault adalah ketua dan CEO LVMH yang memiliki sekitar 75 merek mewah. Langkah terbarunya untuk mengangkat Delphine dipandang sebagai pengetatan cengkeraman keluarga pada konglomerat tersebut.
Pietro Beccari, yang telah menjadi kepala Dior sejak 2018 ditunjuk sebagai bos baru Louis Vuitton, menggantikan CEO lama, Michael Burke (65).
“Baik [Delphine dan Beccari] sangat dihormati; promosi logis dalam grup,” kata analis Credit Suisse Natasha Brilliant.
Burke merupakan letnan terlama Bernard Arnault dan juga ketua label perhiasan Tiffany, ia akan terus bekerja bersama sang ayah kaya raya itu, kata perusahaan dalam sebuah pernyataan tanpa merinci peran barunya.
Saham di LVMH sebagai perusahaan paling berharga di Eropa dengan nilai sekitar USD408 miliar (Rp6.277 triliun), naik sebanyak 2% mencapai level tertinggi baru. Saham perusahaan mewah baru-baru ini didorong oleh pelonggaran pembatasan COVID-19 di China sebagai pasar utama.
Sebagai salah satu eksekutif industri fesyen yang paling berpengaruh, Burke mengawasi pertumbuhan yang melonjak di Louis Vuitton yang merupakan label mewah terbesar di dunia. Ia memainkan peran kunci dalam mengangkat gaya jalanan ke ranah kemewahan dalam beberapa tahun terakhir.
Sementara itu, Beccari yang sebelumnya juga memimpin label Fendi milik LVMH, meningkatkan penjualan di Christian Dior tiga kali lipat menjadi 6,6 miliar euro selama masa jabatannya, menurut perkiraan dari Citi. LVMH tidak memberikan perincian penjualan tahunan merek-mereknya.
Beccari mendorong label ke dalam produk baru, termasuk aksesori pantai seperti papan selancar dan tempat tidur gantung. Ini mendekatkan mereka dengan klien dengan mendirikan gerai ritel sementara di lokasi resor termasuk Mykonos, Yunani, dan Santa Barbara, California.
Eksekutif mengarahkan perombakan besar-besaran alamat bersejarah Avenue Montaigne label di Paris, mengubahnya menjadi kapal besar dengan restoran dan museum, menghidupkan kembali lalu lintas pejalan kaki di lingkungan tersebut.
Presentasi catwalk Dior di Paris yang dihadiri oleh bintang global seperti penyanyi K-pop Jisoo dan Rihanna, menarik kerumunan penggemar yang berteriak, dan merek tersebut menghidupkan jejaring sosial dengan pertunjukan dari desainer busana pria Kim Jones di Mesir bulan lalu dengan piramida berfungsi sebagai latar belakang.
Bernard Arnault sering terlihat di barisan depan, dan diapit oleh anak-anaknya.
“Perencanaan suksesi dalam peran strategis telah berperan penting bagi kesuksesan merek-merek utama LVMH selama 20 tahun terakhir, karenanya langkah hari ini signifikan,” kata Thomas Chauvet, analis Citi.
Pengetatan cengkeraman keluarga di kerajaannya juga terjadi di tengah gelombang suksesi profil tinggi di perusahaan mode lain di Eropa, termasuk di Prada dan pemilik Zara, Inditex.
Bernard Arnault (73) tidak menunjukkan tanda-tanda berencana untuk segera mundur dan perusahaan tahun lalu menaikkan usia maksimum CEO menjadi 80 dari 75 tahun.
Semua anaknya memegang posisi manajemen di merek-merek dalam grup, dengan hati-hati dipersiapkan oleh eksekutif senior saat mereka naik pangkat. Delphine dan Antoine (45) adalah anak dari pernikahan pertama ayah mereka.
Alexandre Arnault bertanggung jawab atas produk dan komunikasi di Tiffany, sedangkan Frederic Arnault (28) adalah CEO TAG Heuer. Anak bungsu, Jean Arnault (24) mengepalai pemasaran dan pengembangan produk untuk divisi jam tangan Louis Vuitton.
Sebagai bagian dari perubahan manajemen, perusahaan juga memasukkan Tiffany ke dalam divisi jam tangan dan perhiasan, di bawah manajemen Stephane Bianchi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: