Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jala Saham Swift Logistics Solutions, GoTo Umumkan Transaksi Afiliasi Sebesar Rp583,21 Miliar

        Jala Saham Swift Logistics Solutions, GoTo Umumkan Transaksi Afiliasi Sebesar  Rp583,21 Miliar Kredit Foto: Lestari Ningsih
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diketahui telah melakukan transaksi afiliasi sebesar Rp583,21 miliar. Berdasarkan keterangan resmi, transaksi tersebut dilakukan pada 6 Januari 2023 lalu.

        Sekretaris Perusahaan GoTo, R A Koesoemohadiani, menjelaskan bahwa transaksi afiliasi ini dilakukan dengan sistem pengambilalihan saham yang dilakukan oleh PT Paket Anak Bangsa terhadap PT Swift Logistics Solutions.

        Baca Juga: Serok Ratusan Juta Saham GOTO, Jack Lo Bisa Saja Langsung Cuan Puluhan Miliar Rupiah

        “Swift Logistics Solutions melakukan penerbitan saham baru sebanyak 441.578 lembar. Saham tersebut kemudian diambil alih sepenuhnya oleh Paket Anak Bangsa dengan nilai total Rp441,75 miliar,” ujar Koesoemohadiani dalam informasi resmi, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023.

        Baca Juga: Ketika Saham Sendiri Boncos, GoTo Justru Cuan Kotos-Kotos dari Saham Alfamart! Begini Kata Manajemen...

        Penerbitan saham baru tersebut akan membuat Swift Logistics Solutions memperoleh agio saham (selisih antara harga jual dan harga nominal saham) sebesar Rp141,36 miliar. Oleh sebab itu, ketika dijumlah, total transaksinya bisa mencapai angka Rp583,21 miliar.

        Sebagai informasi tambahan, Paket Anak Bangsa merupakan anak perusahaan GoTo yang kepemilikannya bersifat langsung. Adapun persentase kepemilikan GoTo atas saham perusahaan tersebut mencapai 99,9% atau setara dengan 2,08 juta lembar saham. 

        Hal ini berbeda dengan Swift Logistics Solutions yang kepemilikannya tidak bersifat langsung. Persentase kepemilikan GoTo atas Swift Logistics Solutions mencapai 67% atau setara dengan 1.675 lembar saham melalui PT Semangat Gerak Tangkas.

        Baca Juga: Strategi Hyperlocal GOTO Tingkatkan Transaksi Tokopedia Hingga 147%

        Adapun maksud dari pengambilalihan saham Swift Logistics Solutions oleh Paket Anak Bangsa adalah reorganisasi dan konsolidasi struktur grup. Dengan adanya keuntungan yang diperoleh Swift Logistics Solutions dari transaksi ini, diharapkan perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim tersebut bisa memperoleh manfaat secara tidak langsung, seperti meningkatkan perolehan dividen yang diterima GoTo dari Swift Logistics Solutions di masa mendatang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Yohanna Valerie Immanuella
        Editor: Yohanna Valerie Immanuella

        Bagikan Artikel: