Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Webinar dalam Rangka HUT Ke-3, Alika Communication: Perlunya Komunikasi Publik Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman

        Webinar dalam Rangka HUT Ke-3, Alika Communication: Perlunya Komunikasi Publik Menyesuaikan dengan Perkembangan Zaman Kredit Foto: Alika Communication
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam rangka merayakan ulang tahun yang ketiga, Alika Communication menghadirkan acara webinar bertajuk "Komunikasi Publik Ala Pemerintah". Acara ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom pada 27 Januari 2023 dan dihadiri lebih dari 40 peserta. 

        Webinar ini diisi oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya, yaitu Bey Triadi Machmudin selaku Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara dan Alia Karenina selaku Juru Bicara (Jubir) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), serta CEO Alika Communication. 

        Baca Juga: Semarak Program Star Community KB Bukopin Lewat Customer Gathering

        Bey Triadi menjelaskan, dalam menjalankan komunikasi publik, terdapat tantangan yang dihadapi pemerintah, seperti bahasa pemerintah yang terkesan kaku dan formal sehingga membuat masyarakat sulit memahami pesan yang disampaikan hingga tingginya masyarakat yang tidak percaya dengan informasi yang disampaikan pemerintah. 

        Sehingga, lanjut Bey, pentingnya bagi pemerintah untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

        Baca Juga: Sebanyak 62% Eksekutif Perusahaan Akui Miskomunikasi Sebabkan Risiko Keamanan Siber

        "Saat ini dengan perkembangan teknologi, pemerintah perlu menyampaikan pesan secara kekinian dengan tujuan untuk mengkomunikasikan capaian dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan diri kepada publik serta terjalinnya komunikasi dua arah," papar Bey dalam diskusi, Jumat (27/1/2023).

        Lebih lanjut, Alia Karenina menambahkan, di dalam instansi pemerintah ada tugas utama public relations (PR) yang dijalankan.

        "PR di dalam instansi pemerintah memiliki dua tugas utama, yaitu membangun dan menjaga reputasi instansi, serta menyampaikan informasi terkait kebijakan pemerintah agar dapat diterima dengan baik oleh publik," tuturnya.

        Baca Juga: Langkah Kominfo dan Operator Seluler Antisipasi Lonjakan Traffic Telekomunikasi Selama Nataru

        Alia juga menilai pemerintah perlu menyesuaikan gaya komunikasi melalui media sosial, seperti Youtube, TikTok, Instagram, dan lainnya.

        Di akhir acara, webinar ini menghasilkan tiga hal. Pertama, memberikan gambaran sudut pandang dari praktisi PR dalam pemerintahan dalam pengelolaan informasi untuk menanggapi isu yang beredar di publik. 

        Kedua, dari sisi pemerintah perlunya untuk menyesuaikan gaya komunikasi kepada masyarakat untuk meminimalisasi informasi yang salah. 

        Baca Juga: Social Bread dan MD Co Berkolaborasi Tempa UMKM Tingkatkan Omzet Bisnis Melalui Media Sosial

        Terakhir, masyarakat diharapkan dapat lebih cerdas dalam menanggapi isu yang beredar, memperbanyak sumber bacaan khususnya dari media yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers, dan dapat memilah informasi yang benar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel:

        Berita Terkait