Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Koalisi Perubahan Perlu Deklarasi Bersama Dukung Anies Baswedan, Ulama Nasional: Biar Pihak Lain Gentar

        Koalisi Perubahan Perlu Deklarasi Bersama Dukung Anies Baswedan, Ulama Nasional: Biar Pihak Lain Gentar Kredit Foto: Instagram/Hilmi Firdausi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Meski telah resmi menyatakan dukungan secara terpisah, Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat, dan PKS perlu melakukan deklarasi bersama untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

        Dorongan tersebut disampaikan Ustaz Hilmi Firdausi. Dengan diadakannya deklarasi oleh Koalisi Perubahan, pihak di luar koalisi akan lebih memperhitungkan kekuatan politik yang mengusung Anies Baswedan.

        Baca Juga: Gangguan ke Anies Disebut Datang dari Istana hingga Kelompok Islamofobia, Begini Penjelasan Pengamat

        "(Deklarasi) Perlu dong. Ini menunjukkan keseriusan dalam mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Dan, juga akan membuat pihak lain gentar," kata Ustaz Hilmi, dikutip Senin (6/2/2023).

        Lebih lanjut, pengasuh pondok pesantren Assa’adah ini mengatakan bahwa Anies didukung oleh umat dan dukungan tersebut akan makin memperkuat sokongan atas ketiga partai ini. "Jadi, umat akan makin mendukung. Saat ini jika kita lihat saat Anies berkeliling ke berbagai daerah, mendapatkan sambutan besar. Hal ini menunjukkan modal popularitas yang dimiliki oleh Anies," ujarnya.

        Hilmi menilai, waktu yang tepat untuk pendeklarasian tergantung partai di Koalisi Perubahan. Namun, dia menekankan, lebih cepat akan lebih baik. "Contohnya sebelum Ramadan. Jadi, saat Ramadan memiliki momentum," ujar Ustaz Hilmi.

        Sementara itu, Peneliti Senior Pusat Penelitian Politik BRIN Siti Zuhro mengatakan, deklarasi bersama Koalisi Perubahan perlu dilakukan, terlebih Partai NasDem, Demokrat, dan PKS tidak ada perbedaan lagi dalam pilihan kandidat calon presiden. Menurut Siti, makin cepat dilakukan, hal ini akan berdampak positif bagi kandidat calon presiden yang diusung.

        "Ingat, untuk memenangkan pilpres membutuhkan waktu. Jadi, lebih cepat lebih baik sehingga waktu untuk dekat dengan rakyat makin banyak. Saat ini sudah tidak bisa last minute karena waktu kampanye hanya 70 hari," kata Siti Zuhro.

        Baca Juga: Buka-bukaan Waketum Golkar Soal Perjanjian Politik Anies-Sandi: Ada Perjanjian...

        Dengan pengumuman deklarasi bersama yang dilakukan dalam waktu dekat, ini akan membuat rakyat memiliki banyak waktu untuk memantapkan pilihan. "Selain itu, partai pengusung serta kandidat juga memiliki waktu lebih untuk berkeliling menyapa rakyat," katanya.

        Saat ditanya apakah sebelum Ramadan merupakan pilihan yang baik untuk melakukan deklarasi bersama, Siti menegaskan bahwa lebih cepat lebih baik. "Makin cepat makin baik. Jadi, waktu yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," tegas Siti Zuhro.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: