Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menyayat Hati! Seorang Ayah di Turki Genggam Erat Tangan Putrinya yang Memucat

        Menyayat Hati! Seorang Ayah di Turki Genggam Erat Tangan Putrinya yang Memucat Kredit Foto: Reuters/Sertac Kayar
        Warta Ekonomi, London -

        Sebuah foto memilukan dari sebuah kota di Turki yang terdampak gempa dahsyat menunjukkan seorang ayah memegang tangan putrinya yang berusia 15 tahun yang telah meninggal terperangkap di bawah reruntuhan.

        The Independent melaporkan momen menggambarkan kesedihan yang akan dirasakan oleh ribuan keluarga yang kehilangan orang yang dicintai dalam gempa hari Senin, dengan kekhawatiran hingga 20.000 orang mungkin telah tewas di Turki dan Suriah.

        Baca Juga: WHO Ramalkan Dampak Parah dari Gempa Turki dan Suriah: Kenai 23 Juta Orang

        Membungkuk di tengah puing-puing di Kahramanmaras, Mesut Hancer digambarkan menggenggam tangan putrinya Irmak yang berusia 15 tahun,  jari pucatnya terlihat melalui lempengan beton dan pecahan batu bata yang pernah membentuk blok apartemen tempat tinggal keluarga tersebut.

        Irmak masih terbaring di tempat tidurnya, dengan apa yang tampak seperti sprei merah muda yang ditarik darinya untuk memperlihatkan kasurnya. Di sekelilingnya ada puing-puing, dari bantal sofa hingga dinding bata yang berat, hancur berkeping-keping.

        Ayahnya menatap ke kejauhan dengan ekspresi kosong, saat dia duduk di atas puing-puing yang dulunya adalah rumah mereka.

        Di dekatnya tetapi tidak tergambar, seorang pria dengan palu godam mencoba menerobos reruntuhan di samping pemandangan yang memilukan. Di sini, penyelamat dan warga sipil telah bekerja sejak Senin untuk memulihkan orang yang mereka cintai.

        Dengan lebih dari 7.200 orang dipastikan tewas menyusul dua gempa berkekuatan 7,8 dan 7,5 di tenggara Turki dan sebagian Suriah, wilayah tersebut terguncang di tengah kehancuran.

        Upaya pencarian dan pemulihan telah berlangsung sejak gempa pertama melanda pada dini hari tanggal 6 Februari. Gempa kedua kira-kira 9 jam kemudian, diikuti oleh lebih dari 200 gempa susulan.

        Gempa terjadi sekitar 4 km tenggara Ekinozu di provinsi Kahramanmaras, di mana Hancer dan putrinya berada dalam foto. Beberapa kehancuran terberat terjadi antara Kahramanmaras dan Gaziantep, sebuah kota berpenduduk dua juta orang di mana seluruh jalan sekarang menjadi reruntuhan saat salju turun.

        Pihak berwenang Turki melaporkan bahwa 13,5 juta orang terkena dampak di wilayah yang membentang sekitar 450 km dari Adana di barat hingga Diyarbakir di timur, dan 300 km dari Malatya di utara hingga Hatay di selatan.

        Di Suriah, bayi yang baru lahir diselamatkan dari bawah bangunan yang runtuh, masih terhubung dengan ibunya yang telah meninggal melalui tali pusarnya. Wanita itu melahirkan sambil terkubur di bawah reruntuhan setelah gempa bumi.

        Kisah kehilangan yang memilukan lainnya, bayi yang baru lahir adalah satu-satunya anggota keluarganya yang selamat. Dia diyakini telah lahir tiga jam sebelumnya, menurut seberapa jauh suhunya turun drastis.

        Rekaman penyelamatan menunjukkan anggota tim pencarian mengangkat bayi yang tertutup debu ke tempat aman di kota kecil Jinderis.

        Terletak di daerah kantong yang dikuasai pemberontak di Suriah barat laut dekat perbatasan Turki, daerah itu dilanda gempa dengan banyak bangunan hancur.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: