Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tentara Ukraina: Tank Leopard Jerman Mirip Seperti Mercedes

        Tentara Ukraina: Tank Leopard Jerman Mirip Seperti Mercedes Kredit Foto: Reuters/Lehtikuva/Heikki Saukkomaa
        Warta Ekonomi, Berlin -

        Seorang tentara Ukraina membandingkan tank Leopard 2 Jerman dengan sebuah Mercedes, ketika menjalani pelatihan sebelum kedatangan mesin perang itu. Dia berharap tank akan membawa terobosan.

        “Sangat penting bagi kita untuk menggunakan senjata modern ini dengan bijak, itu akan membawa terobosan dan pada akhirnya kita akan menang,” kata tentara berusia 57 tahun itu, dilansir Reuters.

        Baca Juga: Politikus Jerman Kritik Langkah Bungkam Kanselir Usai Janjikan Tank Leopard buat Ukraina

        Tentara itu termasuk di antara puluhan tentara Ukraina yang dilatih Jerman dengan simulator Leopard 2.

        "Anda dapat membayangkannya seperti perbedaan antara Mercedes dan Zhiguli --mengacu pada mobil Soviet yang dijual dengan merek Lada di Barat," katanya ketika ditanya tentang perbedaan antara sistem Barat dan Soviet.

        Prajurit lain, yang sedang dilatih di kendaraan tempur infanteri Marder, mengatakan sistem Barat tidak jauh berbeda dari kendaraan buatan Soviet yang digunakan Ukraina.

        "Kami memiliki pengalaman dengan sistem senjata yang serupa... Logikanya sama, terkadang kami bahkan tidak membutuhkan penerjemah untuk memahami instrukturnya," kata pria berusia 33 tahun itu, seperti rekannya yang mengenakan syal yang ditarik ke atas untuk menyembunyikan identitasnya.

        Kedua tentara itu akan kembali ke Ukraina pada akhir Maret.

        Ditanya tentang bagaimana mereka mengatasi ketakutan mereka, pria berusia 57 tahun itu mengatakan pasukan harus beradaptasi dengannya.

        "Ketakutan? Ya, semua orang takut. Tapi sangat penting bagaimana Anda menangani rasa takut Anda --dan bagaimana melawannya," katanya.

        Para prajurit bekerja 12 jam sehari, enam hari seminggu.

        "Mereka sangat termotivasi dan bersemangat untuk mendapatkan pengetahuan... Mereka tahu bahwa mereka akan kembali ke garis depan dalam waktu lima minggu," kata seorang letnan kolonel Jerman yang bertanggung jawab atas pelatihan Leopard 2 dan hanya menyebutkan namanya sebagai Peter.

        Secara keseluruhan, Jerman melatih beberapa ratus tentara dalam berbagai aspek kapal perang sebagai bagian dari upaya Eropa untuk melatih sekitar 15.000 tentara Ukraina.

        Jerman bulan lalu setuju untuk memasok tank, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di gudang senjata Barat, mengatasi keraguan tentang pengiriman persenjataan berat yang menurut Kiev penting untuk mengalahkan invasi Rusia, tetapi Moskow menganggapnya sebagai provokasi berbahaya.

        Baca Juga: Menlu Amerika Ungkap Pertemuan di Jerman: Saya Bicara 4 Mata dengan Diplomat Top China

        Versi tank yang akan dikirim Jerman, diproduksi oleh Krauss-Maffei Wegmann, berbobot lebih dari 60 ton, memiliki smooth bore gun 120 mm dan dapat mencapai target pada jarak hingga 4 km (2,5 mil).

        Menteri luar negeri Ukraina mengatakan bulan lalu dia memperkirakan akan menerima 120 hingga 140 tank Barat dalam "gelombang pertama" pengiriman dari koalisi 12 negara, termasuk Leopard 2 Jerman, dengan waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan.

        Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan dia terkesan dengan pasukan Ukraina.

        “Berbicara tentang perang berbeda dengan melihat ke wajah orang-orang yang datang ke sini langsung dari garis depan, dan yang akan kembali ke sana dengan tank setelah mereka menyelesaikan pelatihan mereka,” katanya kepada wartawan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: