Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gelar Indonesia Public Relation Awards 2023, Warta Ekonomi Tuai Pujian Kementerian Luar Negeri

        Gelar Indonesia Public Relation Awards 2023, Warta Ekonomi Tuai Pujian Kementerian Luar Negeri Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang diwakili oleh Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, menyampaikan apresiasinya kepada Warta Ekonomi yang menginisiasi Indonesia Public Relation Awards (IPRA) 2023 sebagai forum diskusi aspek penting mengenai public relation.

        "Saat ini, disebutkan merupakan satu keniscayaan, tidak hanya swasta, BUMN, tetapi juga pemerintah tentunya sudah makin melihat arti penting dari pemanfaatan public relation," tutur Faizasyah, saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Indonesia Public Relation Awards (IPRA) 2023 yang digelar oleh Warta Ekonomi, di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2023).

        Baca Juga: Indonesia Ketuai ASEAN 2023, Anak Buah Menlu Retno: Ini Berkat Peran 'Branding' Lewat Diplomasi

        Faizasyah mengungkapkan, tidak hanya untuk memberikan satu branding dari produk ataupun image yang ingin dibangun, tetapi dalam konteks peran public relation, yang ingin pemerintah tuju adalah membangun satu international branding.

        Dirinya mengatakan, tercapainya Indonesia memegang Keketuaan ASEAN 2023 adalah berkat kekuatan international branding yang dilakukan Pemerintah Indonesia, khususnya melalui kerja diplomasi.

        "Dalam konteks Kemlu, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) bertanggung jawab untuk membangun strategi dan mengupayakan pencapaian berbagai misi di bidang branding politik luar negeri dan bagaimana kita membangun citra positif Indonesia di dunia internasional, yang meningkat dari waktu ke waktu," jelasnya.

        Faizasyah lalu mengungkapkan, dalam membangun citra baik Indonesia di mata luar negeri, salah satu hal yang menjadi tantangan adalah kondisi internasional yang sangat dinamis. "Itu sebabnya, kalau kita bicara membangun branding suatu negara, kita tentunya tidak bisa bekerja sendiri, kita perlu membangun kerja sama dengan berbagai konstituensi dalam negeri," ucapnya.

        Ia menjelaskan, kerja sama dengan pihak di dalam negeri itu diwujudkan dengan memasyarakatkan atau memberikan pemahaman yang lebih baik dari posisi Indonesia di luar negeri kepada masyarakat di Tanah Air, melalui pemberitaan di media.

        "Maka dari itu, Kemlu menerapkan apa yang disebut media engagement. Kemlu adalah salah satu kementerian yang sejak puluhan tahun dekat dengan media karena kami menilai penting kerja sama dengan media," tuturnya.

        Faizasyah berujar, bentuk kedekatan itu telah terjalin sejak 30 tahun lamanya. Misalnya, lewat penyampaian pernyataan pers awal tahun kepada media di setiap awal tahun.

        "Terakhir, kami juga menyampaikan apresiasi kepada Warta Ekonomi sebagai mitra Kemlu yang turut secara berkesinambungan mendiseminasi politik luar negeri dan diplomasi Indonesia melalui rubrik khusus bertajuk Global Connections," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Alfida Rizky Febrianna
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: