Sukses Bangun Official Store, Ratusan Brand Diganjar Top Official Store Award 2023
Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Pesatnya petumbuhan e-commerce, membuatnya digadang-gadang sebagai penopang ekonomi Tanah air di tengah ancaman resesi 2023.
Mengutip laporan Bank Indonesia, nilai transaksi e-commerce di Indonesia terus mengalami kenaikan signifikan, sejak Pandemi Covid-19. Dimana nilai transaksi e-commerce tahun 2020 sebesar Rp266 triliun, melesat menjadi Rp401 triiun di tahun 2021, kemudian Rp476,3 triliun di tahun 2022. BI memperkirakan total nilai transaksi e-commerce pada tahun 2023 akan sebesar Rp 572 triliun.
Menjawab perkembangan tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, untuk kali ketiga, menghadirkan penghargaan Top Official Store Award, sebagai apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada Official Store atau Official Shop yang sukses mengoptimalkan aktivitas brand, produk atau jasa melalui marketplace.
Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengatakan, ada beberapa manfaat sebuah brand memiliki official store, diantaranya membuat brand lebih mudah dicari, membuat tampilan toko lebih menarik, sehingga lebih mendapatkan kepercayaan pelanggan, hingga dapat mengakses data penjualan.
Penghargaan Top Official Store Award sendiri bertujuan untuk memberikan pengakuan kepada official store yang berhasil meningkatkan kinerja penjualan melalui channel marketplace. Dengan demikian dapat menambah kepercayaan konsumen kepada sebuah brand di marketplace.
“Penyerahan penghargaan Top Official Store Award 2023 kami laksanakan dalam ajang INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023. Kami berharap penghargaan ini dapat mendorong seluruh perusahaan-perusahaan atau brand-brand di Indonesia untuk mengoptimalkan channel marketplace untuk meningkatkan penjualan produk atau jasanya,” jelas Susilowati Ningsih, dalam konferensi pers, dalam ajang INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023, di The Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (28/2/2023).
Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, Top Official Store Award 2023 diberikan kepada 500 Official Store atau Official Shop terbaik berdasarkan tiga metode penilaian yaitu; Store Sales Aspect yang mengukur banyaknya transaksi penjualan produk yang dilakukan oleh official store. Store Reviews & Rating Aspect, untuk mengukur banyaknya ulasan dan angka penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap produk dan official store. Dan Store Followers Aspect, mengukur banyaknya pengikut dari official store.
“Brand-brand yang masuk sebagai 500 Top Official Store Award 2023 merupakan hasil seleksi dari lebih 9.700 Official Store di Indonesia, berdasarkan prestasi kinerja Official Store atau Official Shop di Marketplace, yang dilakukan pada bulan September – November 2022,” jelas Tri Raharjo.
Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, dari total official store terriset di dua marketplace teratas terdapat 9.700 official store. Dari akumulasi transaksi official store tersebut tercatat ada sebanyak 376,6 juta transaksi, dengan ulasan transaksi mencapai 326,7 juta ulasan konsumen, dan rating rata-rata 4,87 dari 5. Total pengikut official store terriset tahun 2023 mencapai 499,2 juta pengikut.
Selain memenuhi tiga kriteria penilaian, brand juga harus memenuhi kriteria lainnya, yakni; terdaftar secara resmi di marketplace. Official store memiliki penjualan produk di atas 25 ribu produk dengan angka penilaian/rating konsumen di angka 4 atau lebih. Dan official store peraih masuk ke dalam Top 500 Official Store Index berdasarkan hasil penilaian.
“Setelah dilakukan proses penilaian, ada 500 official store atau official shop peraih Top Official Store Award 2023, di antaranya; Philips Lighting, Bumbu Bunda Elia, Century Healthcare,” tutup Tri Raharjo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait: