Literasi dan Inklusi Keuangan Perempuan Masih Rendah, Sun Life Gelar Program BeYoutiful Inside Out Secara Serentak di 13 Kota
Sun Life Indonesia terus mendorong partisipasi wanita Indonesia agar dapat memiliki kolaborasi yang baik sebagai tenaga pemasar yang melakukan pengembangan bisnis, mewujudkan strategi berkelanjutan dan pemberian edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya memiliki proteksi dan perencanaan keuangan sedini mungkin.
Salah satunya melalui program BeYoutiful Inside Out yang bertemakan “Wanita Sehat dan Fit Secara Mental dan Finansial yang Kuat dan Mengagumkan” tepat di Hari Perempuan Internasional. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 13 kota seperti Jabodetabek, Medan, Surabaya, Lampung, Padang, Bali, Pekanbaru, Kediri, Banyuwangi, Palembang, Yogyakarta, Mataram dan Solo.
Chief Distribution Officer Sun Life Indonesia, Danning Wikanti, mengungkapkan bila program BeYoutiful Inside Out yang telah berjalan sejak bulan Januari dan telah memasuki masa akhirnya, yang telah menghadirkan serangkaian pemaparan untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas serta potensi perempuan dalam berkarya dan berkontribusi pada sektor finansial di Indonesia. Melalui kegiatan ini, Sun Life berkomitmen dalam mempercepat pemerataan edukasi literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, serta menjadi program perluasan akses terhadap proteksi asuransi sekaligus menciptakan peluang bagi siapapun yang ingin berkarya dan memberdayakan potensinya.
“Melalui program ini, kami menargetkan kaum wanita sebagai partisipan terbesar karena membuka peluang bagi mereka untuk bergabung sebagai Tenaga Pemasar asuransi dan melihat kegiatan ini sebagai kesempatan peluang usaha. Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional, kami turut mendukung partisipasi perempuan Indonesia di bidang ekonomi, karena melihat bahwa ini dapat menjadi salah satu cara tercepat untuk mendorong pertumbuhan inklusif pemulihan ekonomi yang berkelanjutan serta menciptakan dampak ekonomi yang transformasional,” ujar Danning.
Dalam rangkaiannya, program BeYoutiful Inside Out menyajikan sesi edukasi tentang literasi keuangan dan pemaparan produk-produk asuransi di Sun Life Indonesia. Danning menjelaskan bahwa dalam acara ini, Sun Life memberikan kesempatan kepada partisipan yang hadir untuk dapat melakukan canvassing kepada masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri mereka dalam berperan secara aktif mengelola keuangan di keluarganya. Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin bisa memperluas keikutsertaan wanita dalam menjadi pendukung krusial membangun ekonomi dunia yang sejahtera dan berkelanjutan.
Baca Juga: Identitas Digital Dapat Percepat Inklusi Keuangan
Menurut Danning, program BeYoutiful Inside Out ini dilakukan karena melihat besarnya potensi wanita Indonesia namun masih minimnya edukasi dan literasi keuangan yang mereka miliki. Hal ini didukung oleh data dari Otoritas Jasa Keuangan pada Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang menyebutkan bahwa perempuan masih tertinggal jauh dibelakang laki-laki; dengan tingkat literasi keuangan perempuan di Indonesia hanya sebesar 36,13% dan tingkat inklusi keuangan senilai 75,15%.
“Sun Life yang telah hampir tiga dekade berkarya di Indonesia berharap agar pembekalan yang diberikan melalui program ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan untuk memiliki sumber pendapatan tambahan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. Kami ingin terus mempertegas komitmen Sun Life dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi jutaan keluarga agar mereka dapat mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. Melalui program pengembangan diri dan mewujudkan semangat baru berkontribusi melalui cara mereka masing-masing, kami berharap kedepannya wanita Indonesia bisa mencapai kesetaraan di bidang ekonomi,” tutup Danning.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait: