Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Menpora, Masih Cari Pengganti Zainudin Amali: Segera Kita Putuskan

        Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Menpora, Masih Cari Pengganti Zainudin Amali: Segera Kita Putuskan Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah menerima dan menyetujui pengunduran diri Zainudin Amali dari kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) usai pertemuan pada Senin (13/3/2023) pagi.

        "Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di Setneg dan saya tadi sudah menyetujui," kata Jokowi di Bali, Senin (13/3/2023).

        Baca Juga: Isu Reshuffle Warnai Kemunduran Zainudin Amali dari Kursi Menpora

        Jokowi belum memutuskan terkait pengganti Zainudin Amali di kursi Menpora. Namun, saat ini dirinya menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

        "Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kita putuskan. Tapi sekarang sudah di Plt-kan, plt-nya pak Menko PMK," ungkap Jokowi.

        Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons kabar mundurnya Zainudin Amali dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ia mengaku menyerahkan sepenuhnya pengganti Zainudin Amali kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

        Zainudin Amali merupakan kader Partai Golkar. Mundurnya Zainudin Amali dari jabatan Menpora setelah terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

        Baca Juga: Golkar Menanti Jokowi Tunjuk Menpora Baru, Sekaligus Umumkan Reshuffle?

        "Ya tergantung, kita tunggu saja dari pak presiden," ucap Airlangga di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (13/3/2023).

        Ia mengakui, sudah berkomunikasi dengan Zainudin Amali. Mengingat, Amali merupakan rekannya di DPP Partai Golkar. "Komunikasi setiap hari," ucap Airlangga.

        Sebelumnya, Zainudin Amali telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

        Penyerahan surat pengunduran diri ini setelah Amali bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa lalu.

        Baca Juga: Golkar Godok Pengganti Zainudin Amali, Gerakan Muda Visioner Usung Sosok Ini Jadi Menpora

        "Pagi ini saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg, saya mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya, dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," ucap Zainudin Amali di kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (9/3).

        Amali mengaku, akan bertemu dengan Presiden Jokowi terkait pengunduran dirinya sebagai Menpora. Keputusan ini dilakukan, setelah dirinya terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

        "Tentu itu masih berupa surat, memang saya harus ketemu bapak presiden, beliau sekarang tidak ada, maka kemungkinan saya dijadwalkan hari senin akan bertemu dengan pak presiden," ujar Amali.

        "Kan teman-teman menanyakan kapan akan mengantarkan suratnya, hari ini tanggal 9 Kamis, saya sudah antarkan. Tinggal tunggu saja, kan keputusannya ada di bapak presiden, bukan di saya," sambungnya.

        Meski demikian, Amali menyerahkan sepenuhnya penggantinya dirinya di Menpora merupakan keputusan Presiden Jokowi. Ia mengaku, hanya akan fokus mengurus PSSI.

        Baca Juga: Cari Pengganti Zainudin Amali, Golkar Sebut Jokowi Nggak Boleh Disetir: Biar Presiden yang Memutuskan

        "Hak penggantinya adalah hak prerogatif bapak presiden, sebagaimana yang pernah saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan saya sudah sampaikan ke presiden, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus salah satu cabang olahraga.

        Karena enggak etis bagi saya, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga mengurusi semua cabang olahraga, kok hanya berfokus pada satu cabang, itu akhirnya saya minta izin pak presiden dan beliau izinkan," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: