Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dukung Akselerasi KBLBB, PLN Pastikan Penuhi Lonjakan Permintaan Listrik

        Dukung Akselerasi KBLBB, PLN Pastikan Penuhi Lonjakan Permintaan Listrik Kredit Foto: PLN
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT PLN (Persero) mengklaim siap mendukung penuh langkah pemerintah yang memberikan beragam insentif guna mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di tanah air.

        Bukan hanya keandalan dan kecukupan listrik, perseroan juga terus menyiapkan beragam infrastruktur penunjang bagi ekosistem KBLBB.

        Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menekankan komitmen penuh PLN untuk membantu Pemerintah dan masyarakat beralih ke KBLBB. Dalam hal ini, PLN tengah memiliki pasokan energi listrik yang cukup dan andal sehingga akan aman untuk menerima peningkatan permintaan daya listrik di masa depan.

        Baca Juga: PLN Kian Bersinergi, Semakin Pede Terangkan Indonesia hingga Mengawal Mimpi Jokowi

        "PLN memastikan ketersediaan dan keandalan listrik di tanah air sangat mumpuni untuk masifnya penggunaan KBLBB," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (24/3/2023). 

        Darmawan mengatakan pihaknya saat ini terus memperluas ekosistem KBLBB dengan berkolaborasi membangun stasiun pengisian daya dan infrastruktur lainnya.

        Hingga saat ini, telah tersedia 616 unit SPKLU, 1.056 unit SPBKLU, dan 6.705 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

        Ia memastikan jumlah charging station ini akan terus bertambah karena PLN terus menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra demi mempercepat ekosistem kendaraan listrik.

        "Dalam membangun ekosistem kendaraan listrik ini harus dilakukan kolaborasi dari seluruh pihak. Untuk itu kami membuat strategi bisnis berupa franchising dengan kerja sama pihak ketiga ini diharapkan dapat saling menguntungkan dan juga membawa manfaat untuk masyarakat," ujarnya. 

        Dari sisi pelayanan, PLN juga telah menyediakan platform digital pendukung, yaitu Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile guna mempermudah masyarakat mencari tahu lokasi SPKLU dan SPBKLU terdekat. Melalui platform ini, masyarakat juga dapat memantau pengeluaran biaya listrik kendaraan listrik.

        Selain itu, lewat fitur marketplace di PLN Mobile juga telah bekerja sama dengan pabrikan motor listrik untuk mempermudah masyarakat membeli motor listrik. Lalu, PLN juga bekerja sama dengan Himbara untuk kemudahan pembiayaan bagi masyarakat melakukan pembelian kendaraan listrik.

        Selain insentif dari pemerintah, Darmawan mengatakan PLN menambahkan insentif untuk para pengguna kendaraan listrik. PLN memberikan promo diskon harga pemasangan baru maupun tambah daya bagi para pemilik kendaraan listirk.

        "Ditambah lagi, PLN memberikan promo untuk pengisian daya dengan memberikan diskon tarif sebesar 30 persen pada pukul 22.00 malam hingga 05.00 pagi bagi para pengendara yang melakukan pengisian daya di rumah lewat layanan home charging," jelasnya. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: