Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hadir di ICRAFT 2023, Pertamina Dorong Pembangunan Perekonomian UMKM

        Hadir di ICRAFT 2023, Pertamina Dorong Pembangunan Perekonomian UMKM Kredit Foto: Pertamina
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan mengambil bagian dalam ajang Pameran Interior dan Craft (ICRAFT) tahun 2023 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, pada 5 hingga 9 April 2023.

        Kehadiran ICRAFT 2023 dinilai sebagai momentum kebangkitan kriya Indonesia dalam era ekonomi digital, sekaligus sebagai upaya memperluas akses pasar.

        Baca Juga: Kembali Tunjukan Komitmen Dorong Kebangkitan Ekonomi Indonesia, UMKM Unggulan Pertamina Hadir di ICRAFT 2023

        Dalam kegiatan tersebut, UMKM binaan Pertamina siap memamerkan produk unggulan, mulai dari Faiza Bordir, Haluan Bali, Batik Muria, Kraton Leather, Rumah BUMN (RB) Klungkung, dan Rumah BUMN (RB) Palangkaraya.

        Adapun, tema yang diusung kegiatan tersebut ialah "Kriya Indonesia dalam Era Ekonomi Digital". Kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat para pelaku UMKM semakin mengembangkan sistem digitalisasi pemasaran.

        Hal tersebut dinilai penting sebagai pemacu peningkatan profit penjualan serta memasarkan produk ke pasar internasional yang tentunya diharapkan bisa meningkatkan angka ekspor.

        VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso, mengatakan UMKM dituntut untuk melakukan inovasi produk serta mengimbangi pemasaran konvensional dengan pemasaran secara online, dan tentunya terus mengikuti perkembangan era digital ini, di mana branding dan pemasaran secara online menjadi hal yang sangat krusial.

        Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk terus berkembang, salah satunya melalui pemanfaatan media sosial. 

        "Selain biaya yang murah dan tidak harus memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial secara langsung dianggap mampu untuk meraih konsumen secara luas," ujar Fadjar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/4/2023).

        Baca Juga: Ekonomi Bergeliat, Pertamina Gencar Promosikan Produk UMKM Binaan di Berbagai Bazar Selama Ramadan

        Dia menyebut, Pertamina juga memiliki marketplace yang bisa diakses melalui laman smexpo.pertamina.com, yang merupakan wadah Pemasaran digital produk mitra binaannya yang dapat diakses secara umum.

        Bahkan, kata Fadjar, untuk meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan, marketplace tersebut juga menyediakan berbagai promosi, seperti gratis ongkos kirim, diskon harga, flash sale serta voucher potongan harga.

        Fadjar menegaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari Pertamina dalam pembangunan berkelanjutan (SDG's) yang juga menjadi bagian dari Environmental, Social and Governance (ESG). 

        Ke depannya, kata dia, Pertamina akan semakin aktif untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM agar semakin menjadi kebanggan seluruh masyarakat Indonesia.

        Baca Juga: Siap Antisipasi Padatnya Mudik Lebaran, Pertamina Siaga Kembali Menjamin Kebutuhan Energi Masyarakat

        "Setelah mengikuti pameran, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pasar produk-produk karya anak bangsa, terlebih kriya yang merupakan produk UMKM yang tergolong memiliki potensi bisnis yang sangat positif, baik di dalam maupun luar negeri," pungkas Fadjar.

        Sementara itu, salah satu UMKM binaan Pertamina Batik Muria, Dimas Andre Santoso, mengatakan kesempatan tampil di ICRAFT pada bulan Ramadan menjadi penyemangat untuk mempromosikan produk batik tulis khas Kudus, sebagai karya seni tradisional yang juga menyampaikan pesan-pesan sejarah Islam.

        "Beberapa motif batik unggulan kami yakni batik bercerita, seperti kisah penyebaran agama Islam oleh para Sunan, Masjid Menara Kudus, Motif Bulusan yang mengisahkan teguran Sunan Muria kepada sekelompok petani yang masih bercocok tanam saat waktu sholat maghrib tiba," jelas Dimas.

        Selain batik, pengunjung juga dapat mengunjungi berbagai produk UMKM binaan Pertamina lainnya, seperti Kraton Leather yang memamerkan aneka produk kerajinan kulit yang dibuat sendiri (homemade), di mana konsumen dapat mendesain produk dengan model yang mereka inginkan (custom). 

        Haluan Bali, UMKM asal Badung yang menghasilkan produk fashion digital printing yang unik dan fashionable. Faiza Bordir dengan produk unggulan kain bordir dan home dekor khas Pasuruan.

        Baca Juga: Pertamina Jamin Kebutuhan Energi Saat Mudik dalam Kondisi Aman

        UMKM asal Pulau Dewata Bali kali ini diwakili oleh Rumah BUMN Klungkung, di mana produk-produk yang berasal dari 6 UMKM terbaik asal Klungkung turut unjuk gigi dengan menyajikan berbagai produk, di antaranya aromaterapi milik Bali Ayu, kerajinan goni dari Uwais Craft, kain tenun endek dari Pertenunan Astini, pouch endek dari Kemala Handmade, serta UMKM Kipas Lukis dan Sripala yang menghadirkan aneka produk fashion.

        Kemudian Rumah BUMN Palangkaraya hadir dengan produk aksesoris berbahan baku batu alam dari UMKM Omah Mus dan Rina Saderi Jewelry, serta kerajinan rotan milik Indang Apang Galeri.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Ayu Almas

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: