Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Arus Mudik Dimulai, KAI Siap Layani Pelanggan di Periode Angkutan Lebaran 2023

        Arus Mudik Dimulai, KAI Siap Layani Pelanggan di Periode Angkutan Lebaran 2023 Kredit Foto: Antara/Iggoy el Fitra
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyelenggarakan Angkutan Lebaran 2023 selama 19 hari, yakni dari 14 April sampai 2 Mei 2023. Pada periode Angkutan Lebaran ini, KAI beserta anak perusahaannya yang tergabung dalam KAI Group menyediakan kapasitas tempat duduk kereta api sebanyak 6.936.532 tempat duduk pada Angkutan Lebaran Tahun 2023. Jumlah tersebut terdiri dari kelas eksekutif 987.380 tempat duduk (14%), kelas bisnis 137.600 tempat duduk (2%), dan kelas ekonomi 5.811.522 (84%).

        Adapun rinciannya, dari 6.936.532 tempat duduk tersebut, sebanyak 4.076.488 tempat duduk berasal dari induk perusahaan (KAI) dan 2.860.044 tempat duduk dari anak perusahaan (KAI Commuter dan KAI Bandara). Dari 4.076.488 tempat duduk itu, ada 3.065.404 KA Jarak Jauh (2.520.056 reguler dan 545.348 tambahan) dan 1.011.084 KA Lokal.

        Sementara itu, 2.860.044 tempat duduk anak perusahaan terdiri atas 2.701.644 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Commuter dan 158.400 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Bandara.

        Baca Juga: Sebelum Mudik, Ini Dia Jadwal Penerapan One Way Sistem di Jalur Tol

        “Total tempat duduk yang kami sediakan pada Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 6,9 juta ini mengalami kenaikan 36% dibandingkan realiasi Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 5.097.114 tempat duduk,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

        Pada Angkutan Lebaran 2023 ini, total terdapat 7.458 perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal atau rata-rata 339 perjalanan KA per hari, naik 19% dibanding periode Angkutan Lebaran 2022 yang terdiri atas 6.175 perjalanan KA atau rata-rata 281 perjalanan KA per hari.

        Berbagai fasilitas tambahan juga KAI hadirkan di masa Angkutan Lebaran 2023 ini untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Di antaranya adalah pemberian takjil kepada pelanggan pada 12 sampai 21 April 2023 di 21 stasiun besar. Setidaknya terdapat 34.400 paket takjil yang berisi roti, air mineral, dan kurma.

        Baca Juga: Arus Mudik Mulai Terasa, Kendaraan Keluar Jakarta Sudah Ramai

        Guna memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan menyenangkan, KAI juga telah menghadirkan fasilitas face recognition boarding gate, yaitu proses boarding menggunakan gate yang teritegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan untuk peningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan. Sistem akan memvalidasi penumpang meliputi data diri, data tiket, status vaksin. Saat ini, sistem tersebut sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, dan Solo Balapan.

        Fasilitas baru lainnya yang KAI hadirkan adalah drinking water station yang pada tahap awal hadir di tiga stasiun besar, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng. KAI menghadirkan drinking water station sebagai kampanye ramah lingkungan untuk mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik. KAI juga menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Solo Balapan, dan Surabaya Gubeng.

        Di samping itu, KAI juga me-redesign layanan pelanggan KA Luxury meliputi new luxury train service dan new lounge experience yang mengandung perubahan flow & peningkatan layanan pelanggan KA Luxury pada beberapa touch point, mulai dari praperjalanan, perjalanan, hingga purna perjalanan.

        Baca Juga: Kirimkan Surat Edaran, Kemendagri Jamin Mudik Lebaran Hingga Inflasi Terkendali

        KAI juga memperbaiki layanan Executive Lounge menjadi lebih nyaman dan berkelas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di 8 stasiun, yakni Stasiun Gambir, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Semarang Tawang, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

        KAI turut menyiagakan petugas frontliner ekstra, seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun maupun di atas kereta.

        Baca Juga: PLN Bagikan Tips Amankan Listrik Rumah Agar Mudik Tenang dan Nyaman

        “Untuk menghadirkan angkutan mudik lebaran yang lebih berkesan, KAI juga memberikan doorprize serta menghadirkan hiasan tematik di stasiun dan kereta api pada masa Angkutan Lebaran 2023. KAI berharap perjalanan mudik dengan kereta api berjalan dengan aman, nyaman, dan sehat,” tutup Didiek.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rena Laila Wuri
        Editor: Yohanna Valerie Immanuella

        Bagikan Artikel: