Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pemudik Roda Dua Masih Dominasi Laka Lantas, Jasa Raharja Jabar Gulirkan Mudik Gratis 2023

        Pemudik Roda Dua Masih Dominasi Laka Lantas, Jasa Raharja Jabar Gulirkan Mudik Gratis 2023 Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Jasa Raharja Jawa Barat (Jabar) mencatat sebanyak 60 persen kecelakaan lalu lintas terjadi pada pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. 

        Untuk itu, Jasa Raharja Jabar bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggulirkan program mudik gratis 2023 untuk menekan angka kecelakaan. 

        Baca Juga: Demi Mudik Aman dan Nyaman, Ford Hadirkan Program Servis Ramadan dan Bengkel Siaga Ford

        "Tadinya masyarakat mudik menggunakan roda dua, dengan adanya program ini mereka bisa menggunakan bus atau kereta api yang digulirkan oleh Jasa Raharja dan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat," jelas Kepala Kantor Jasa Raharja Jabar, Dodi Apriansyah, kepada wartawan usai melepas program mudik gratis Idulfitri 2023 di terminal Cicaheum kota Bandung, Senin (16/4/2023).

        Dodi menyebut, berdasarkan hasil evaluasi arus mudik tahun sebelumnya, beberapa lokasi yang dinilai rawan kecelakaan, seperti Nagreg dan Puncak, menjadi perhatian khusus.

        "Tentu ini menjadi perhatian khusus kita untuk memasang beberapa rambu lalu lintas guna menghindari kecelakaan," tegasnya.

        Baca Juga: Bos Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono Masuk Jajaran CEO Terbaik 2023

        Khusus untuk wilayah Jawa Barat, Jasa Raharja memberangkatkan sekitar 250 pemudik dengan mengunakan 5 bus pariwisata kapasitas 50 penumpang tujuan Solo dan Yogyakarta. 

        "Pelaksanaannya untuk Jawa Barat di terminal Cicaheum dengan memberangkatkan 250 pemudik," katanya.

        Selain itu, Jasa Raharja Jabar juga mendirikan posko mudik di lokasi jalur mudik. Umumnya, posko tersebut berada di jalur tol dan sepanjang jalur arteri Pantura dan di beberapa tempat pariwisata seperti Puncak. 

        "Ada beberapa lokasi yang kita anggap banyak jumlah pemudiknya sehingga kita mendirikan posko di sana," katanya.

        Baca Juga: Gantikan Myland, IFG Angkat Bayu Rafisukmawan jadi Direktur Keuangan Jasa Raharja

        Dodi menyebutkan, dalam posko tersebut, ada pelayanan kesehatan. Bahkan, di beberapa lokasi rawan kecelakaan, Jasa Raharja memasang rambu-rambu lalu lintas bagi para pengguna jalan.  

        "Kami mengimbau agar para pemudik selalu hati-hati di jalan karena yang ditunggu keluarga di rumah bukan tangisan tapi senyuman," ujarnya.

        Baca Juga: Jasa Raharja Klaim Berhasil Meningkatkan Performa Pelayanan

        Jasa Raharja Jabar juga siap menangung klaim apabila terjadi kecelakaan yang menimpa pemudik saat mudik Lebaran 2023. Untuk klaim sendiri dilakukan sesuai dengan peratuan Kementerian Keuangan, yakni meninggal dunia Rp50 juta dan luka-luka Rp20 juta maksimal.

        "Kita tidak bisa memperdiksi (kecelakaan), harapan kita adalah untuk tahun 2023 masih tenang," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: