Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        ChatGPT Ternyata Nyamankan Traveling, Nyari Tiket Murah Enggak Lagi Pusing!

        ChatGPT Ternyata Nyamankan Traveling, Nyari Tiket Murah Enggak Lagi Pusing! Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Agen perjalanan online Expedia, Kayak, dan Trip.com telah menggunakan plugin ChatGPT sebagai "asisten virtual". Terobosan baru ini menjadikan waktu pemesanan tiket pesawat, hotel hingga paket liburan pengguna lebih cepat.

        "Kami sangat senang meluncurkan layanan chatbot berbasis ChatGPT ini untuk memberikan pengalaman pemesanan perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan bagi pengguna kami. Kami berharap layanan ini dapat membantu pengguna merencanakan perjalanan mereka dengan lebih efisien dan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan," CEO Expedia, Mark Okerstrom.

        Baca Juga: Bos OpenAI Spill Tipis-Tipis Projek GPT-4 Bisa Lebih Dahsyat Hebatnya daripada ChatGPT!

        Dengan layanan chatbot ChatGPT itu, pengguna dapat melakukan pemesanan kapan saja dan di mana saja tanpa perlu mengunduh aplikasi terpisah. Misalnya, jika seseorang bertanya, "Saya sedang mencari hotel di New York City yang dekat dengan Central Park", ChatGPT dapat memahami permintaan tersebut dan meminta Kayak untuk memberikan rekomendasi yang sesuai, yang saat diklik akan membawa pengguna ke situs web atau aplikasi.

        Dengan chatbot AI generatif, pelanggan dapat memberikan preferensi dan kriteria mereka, dan chatbot akan menghasilkan rekomendasi dan opsi perjalanan yang sesuai. Chatbot tersebut juga dapat membantu pelanggan memesan tiket dan akomodasi dengan cepat dan mudah.

        Dalam beberapa tahun terakhir, chatbot AI telah menjadi semakin populer di sektor perhotelan dan pariwisata. Analis travel memperingatkan bahwa mudah untuk melewatkan konteks industri di mana teknologi baru menjadi konstan, tetapi juga sering dilebih-lebihkan pada saat diperkenalkan.

        “Industri perjalanan adalah industri kata kunci,” kata Max Starkov, yang telah menjadi konsultan industri perhotelan dan perjalanan online selama tiga puluh tahun.
        "Saat blockchain muncul, industri menyatakan bahwa masa depan travel akan berubah. Hal yang sama terjadi di industri e-commerce dengan pengiriman pertama dan industri restoran dengan robot pelayan muncul. Metaverse? 'Beginilah cara orang bepergian di masa depan!'"
        Alih-alih perubahan ini dianggap sebagai teknologi revolusioner terbaru, Starkov lebih nyaman menyebut perubahan ini sebagai alat.

        Baca Juga: Sudah Diprediksi Jauh Hari, Prabowo Diyakini Akan Menjadi Penerusnya Jokowi: Dia Orang Paling Ihklas

        "Semua teknologi ini hanyalah alat canggih, yang memungkinkan operator dan vendor pintar untuk melayani pelanggan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan pangsa pasar dalam prosesnya," katanya.

        Mereka berupaya mengintegrasikan ChatGPT ke dalam chatbot dan agen virtual mereka di situs web untuk mengaktifkan kemampuan pembuatan rencana perjalanan.

        "Menambahkan AI sebagai alat perencanaan akan membantu OTA untuk mempersingkat perjalanan pelanggan digital dan dengan segera memindahkan wisatawan dari fase perencanaan ke fase pemesanan perjalanan pelanggan," kata Starkov.

        Baca Juga: Peluang Menang Terbuka Lebar, Pakar Bongkar Siasat Oligarki yang Ancam Anies: PSI hingga Buzzer Jadi Senjata

        Dengan kata lain, perjalanan dari saran ke pemesanan semakin singkat."online travel agent (OTA) sangat siap untuk membuat rencana perjalanan apa pun yang disarankan AI dapat dipesan dengan 2,5 juta perusahaan akomodasi multi-kamar, 6 juta persewaan liburan, 600 maskapai penerbangan, 250.000 pengalaman lokal, dll," ucapnya.

        Untuk diketahui, sebelumnya chatbot AI besutan OpenAI ini memang mengundang decak kagum dari berbagai kalangan. Pasalnya ChatGPT memiliki kemampuan yang dipandang luar biasa.

        Matt Breed, Chief Information Officer Seattle-Tacoma International Airport mengatakan teknologi AI juga diadopsi mereka untuk meningkatkan pelanggan untuk mengetahui keberangkatan pesawatnya.

        "Benar-benar dapat berdampak besar pada seberapa efisien kami memarkir pesawat dan memutarnya, yang membantu menghindari penundaan yang sangat dibenci oleh para pelancong,” kata Breed.

        Baca Juga: Bos OpenAI Sam Altman Sebut Proyek ChatGPT Buatannya Sama dengan Proyek Manhattan Perang Dunia II, Nah Lho!

        Breed menyebut Penjadwalan di bandara selalu menjadi tantangan – kepegawaian, penanganan bagasi, parkir pesawat. AI dapat memainkan peran besar dalam membantu mengoptimalkan operasi di masa mendatang, terutama karena AI memperoleh kemampuan untuk melihat data di berbagai sistem secara real time. “Salah satu hal paling mengesankan yang pernah saya lihat dari GPT-4 adalah kemampuannya untuk menyediakan struktur dan organisasi seputar data yang sekilas tampak sangat tidak terstruktur dan kacau,” kata Breed.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rena Laila Wuri
        Editor: Aldi Ginastiar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: