Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gandeng Hatten Bali, Kemenparekraf Siap Kuatkan Pariwisata Hingga Ekonomi Kreatif di Indonesia

        Gandeng Hatten Bali, Kemenparekraf Siap Kuatkan Pariwisata Hingga Ekonomi Kreatif di Indonesia Kredit Foto: Kemenparekraf
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menjalin kerja sama co-branding dengan PT Hatten Bali Tbk sebagai upaya mengembangkan dan memperkuat promosi serta pemasaran sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia bersama mitra. 

        Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian MOU dan PKS yang dilakukan oleh Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini dengan Presiden Direktur PT Hatten Bali Tbk, Ida Bagus Rai Budarsa beberapa waktu lalu. 

        Baca Juga: Menparekraf Apresiasi Bali Jadi Lokasi Asia Media Summit ke-18, 2023

        Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023), mengatakan, co-branding ini menjadi kerja sama strategis bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan PT Hatten Bali Tbk. Melalui kemitraan co-branding ini diharapkan terjadi upaya promosi yang mutualis untuk kedua belah pihak khususnya dalam upaya branding dan pemasaran produk Wonderful Indonesia maupun Hatten Wines sebagai produk dari PT Hatten Bali Tbk.

        "Senang sekali bisa berkolaborasi dengan PT Hatten Bali Tbk. Harapan kami, Co-Branding program ini bisa betul-betul dimaksimalkan untuk meningkatkan sumbangsih kedua belah pihak baik itu brand Wonderful Indonesia dan brand mitra yang akan bersinergi di kegiatan ke depannya baik itu di domestik dan international market,” ujar Made dalam keterangannya, Rabu (17/5/2023).

        "Program Wonderful Indonesia Co-Branding" memiliki peranan penting dalam meningkatkan brand awareness dan recognition Wonderful Indonesia yang merupakan brand pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Salah satu dampak nyata dari program ini adalah melesatnya peringkat Indonesia dalam Travel and Tourism Development Index (TTDI) 2021 yang merupakan referensi untuk penilaian kinerja industri pariwisata dari sebuah negara. 

        Berdasarkan laporan TTDI yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF), Indonesia berada di peringkat 32 di atas negara tetangga seperti Thailand (36) dan Malaysia (38), di mana pada salah satu indikator individual yaitu Country Branding Strategy Indonesia berada di peringkat ke-25.

        Baca Juga: Sandiaga Uno Tertawa Ditanya Kepastian Gabung PPP: Dia Jawab Wkwkwk...

        "Kerja sama ini diharapkan dapat semakin memperkuat branding 'Wonderful Indonesia' sebagai identitas pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa dan menjadi simbol kebangkitan industri yang memberikan manfaat bagi banyak masyarakat," ujar Made.  

        Presiden Direktur PT Hatten Bali Tbk, Ida Bagus Rai Budarsa, menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan Kemenparekraf/Baparekraf melalui program co-branding

        "Akan sangat menarik adalah bagaimana kontribusi yang kami lakukan untuk bisa berkolaborasi dalam upaya meningkatkan promosi pariwisata Indonesia dalam bentuk kegiatan-kegiatan aktif yang berhubungan dengan produk kami yang diharapkan dapat membantu promosi pariwisata Bali dan Indonesia, selain tentu saja meningkatkan awareness publik terhadap brand kami,” ujar Gus Rai. 

        Baca Juga: Kritik Subsidi Mobil Listrik, Terbongkar Rekam Jejak Anies di DKI Pernah Bela Mati-matian, 2 Pergub Jadi Saksi

        Ia menjelaskan, salah satu program yang akan dilakukan pihaknya adalah dengan secara aktif melakukan promosi mengenai makanan khas Indonesia dan memperkaya cara menikmatinya dengan cara memadupadankan wine dan makanan-makanan Indonesia. 

        Kegiatan Wine dan Indonesian Food Pairing akan sangat menarik bagi wisatawan baik itu mancanegara dan wisatawan nusantara, yang tentunya akan memperkaya pengalaman wisatawan. 

        Baca Juga: Kuatkan Jaringan Bisnis Otomotif, Mini Indonesia Kembali Buka Showroom di Surabaya

        ”Masih banyak keraguan dari masyarakat tentang apakah cocok makanan Indonesia dipadupadankan dengan wine, menjadi tugas dan salah satu bagian misi kami untuk bisa menyosialisasikan ke khalayak umum bahwa makanan Indonesia tentu saja nikmat sekali untuk disajikan dengan wine,” ujar Kertawidyawati, wine expert yang memimpin Hatten Education Center - divisi khusus edukasi di PT Hatten Bali Tbk.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: