Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Lewat Pesta Rakyat Digital Island, Bank DKI Berupaya Tingkatkan Inklusi Keuangan di Kepulauan Seribu

        Lewat Pesta Rakyat Digital Island, Bank DKI Berupaya Tingkatkan Inklusi Keuangan di Kepulauan Seribu Kredit Foto: Bank DKI
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bank DKI berkolaborasi bersama Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan Festival Rakyat Digital Island Bank DKI.

        Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengatakan gelaran Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI menjadi wadah dalam peningkatan inklusi serta literasi keuangan dalam hal ini perbankan digital kepada seluruh masyarakat khususnya warga Pulau Pramuka, terlebih Pulau Pramuka disiapkan sebagai pulau untuk kepentingan penyelenggaraan event internasional.
        ”Kita tahu bahwa Kepulauan Seribu, khususnya Pulau Pramuka menjadi sentra pariwisata nasional, dan Bank DKI mengambil peran disini dengan mempersiapkan masyarakat melalui edukasi dan literasi keuangan digital” ujar Fidri.

        Dalam Festival Rakyat Digital Island Bank DKI yang digelar pada Jum’at 21 Juli 2023 ini diisi berbagai acara seperti sosialisasi literasi keuangan, booth UMKM Warga Pulau Pramuka dan Kepulauan Seribu, Edukasi produk digital Bank DKI dan lain-lain.

        Acara ini pun dihadiri oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy serta jajaran Direksi Bank DKI, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan, Dian Ediana Rae, Kepala OJK Kantor Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Roberto Akyuwen, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Junaedi serta Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad.

        Baca Juga: Tingkatkan Layanan Digital, Bank DKI dan DPD Perbarindo Kolaborasi Hadirkan Abank BPR

        Sebagai informasi, melalui Pesta Rakyat Digital Bank DKI, masyarakat Pulau Pramuka diperkenalkan lebih dekat dengan berbagai produk dan layanan digital Bank DKI, seperti JakOne Abank, JakOne Merchant dan serta yang terbaru, yakni JakErte. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat meraih informasi mendalam terkait program produk perbankan lain seperti KEJAR, hingga Tabungan Haji dan Umroh (Taharoh).

        Dalam kesempatan tersebut juga diresmikan Kampung UMKM Bank DKI yang merupakan program Tanggung Jawab Sosial Bank DKI, dimana dalam program tersebut, Bank DKI melakukan penataan ulang dengan pendekatan digitalisasi melalui aplikasi JakOne Abank, dan JakOne Merchant terhadap lokasi sementara (loksem) bagi para pedagang UMKM.

        Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan, Dian Ediana Rae menyatakan harapan agar Bank DKI sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) dapat memainkan peran sebagai regional champion, dan menjadi tuan rumah di wilayah DKI Jakarta, melalui penetrasi pasaryang lebih luas lagi, salah satunya dengan penyelenggaraan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.

        “Saya kira kegiatan ini (Red: Pesta Rakyat Digital Bank DKI) menjadi contoh yang baik dilakukan oleh Bank DKI dalam hal penetrasi pasar, sekaligus edukasi transaksi perbankan digital di Kepulauan Seribu” tuturnya.

        Senada dengan hal tersebut, Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Junaedi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dalam pelaksanaan acara “Pesta Rakyat Digital Island Bank DKI” sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Pulau Pramuka, khususnya dalam penyediaan akses layanan keuangan. “Ini menjadi pertanda bahwa Kepulauan Seribu tidak ketinggalan, dan masyarakat dapat terbantu dengan pembelajaran transaksi keuangan digital, dan mendorong peningkatan kontribusi ekonomi khususnya pelaku UMKM” ujar Junaedi.

        Baca Juga: Ayoconnect dan Bank DKI Luncurkan Fitur Keuangan Digital ke Aplikasi JakOne Mobile

        Di bawah kepemimpinan Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, Bank DKI terus meningkatkan layanan digital, dengan mereaslisasikan berbagai program unggulan diantaranya: mendirikan Command Center untuk menguatkan fungsi kontrol produk dan layanan digital Bank DKI, pengembangan fitur dan layanan terhadap aplikasi digital yang dimiliki, serta menghadirkan New Flagship Branch dan meningkatkan jumlah CRM (Cash Recycle Machine).

        Sinergi dan kolaborasi juga terus dilakukan dan dikembangkan oleh Bank DKI, diantaranya melalui kerjasama tarik tunai tanpa kartu di ATM BNI, BCA, dan CIMB, serta kerjasama dengan Indomaret dalam penyediaan layanan tarik tunai tanpa kartu di seluruh jaringan Indomaret, kemudian juga dilakukan kerjasama dengan perbarindo dalam hal digitalisasi BPR, dan yang terbaru dilakukan adalah kemitraan dengan BC Card Asia dalam rangka penyediaan Sistem Layanan Pembayaran.

        Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi pada kesempatan yang sama menambahkan, Bank DKI akan terus mendorong berbagai pelaksanaan kegiatan inklusi dan edukasi layanan perbankan, khususnya transaksi non-tunai.

        “Melalui kolaborasi aktif bersama regulator, Bank DKI meneguhkan komitmen dalam mendorong pendekatan produk dan layanan perbankan berbasis digital agar masyarakat dapat semakin banyak terlayani yang tentunya berdampak pada kontribusi pertumbuhan ekonomi nasional” Tutup Arie.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Bagikan Artikel: