PT PLN (Persero) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran rekening listrik.
Sinergi tersebut terwujud melalui layanan buy now pay later atau metode pembayaran kemudian hari.
Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan, PLN sebagai perusahaan yang diberikan amanah di bidang kelistrikan di Indonesia, tidak hanya memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan listrik tetapi juga memberikan kemudahan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat.
Edi menyebut salah satunya dapat dicapai dengan menjalin kolaborasi dengan perusahaan penyedia layanan perbankan dalam hal ini adalah Bank BRI.
Baca Juga: Punya Peta Jalan yang Jelas, PLN Dinilai Terdepan dalam Transisi Energi
”Kerja sama ini merupakan titik awal kerja sama yang nantinya ke depan akan terus kita kembangkan. Ini memang sudah lama kami impikan, dengan banyaknya channel (pembayaran) kami bisa promosi lebih gencar lagi, supaya pelanggan kita khususnya pelanggan PLN itu bisa memanfaatkan fasilitas itu,” ujar Edi dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu 23/9/2033).
Edi berharap, kerja sama dengan BRI ini dapat diikuti oleh Himbara lainnya. Dengan banyaknya opsi channel pembayaran yang tersedia, akan memudahkan transaksi yang akan dilakukan oleh pelanggan.
”Channel pembayaran perlu diperbanyak, sehingga bagi pelanggan kami hingga yang berada di ujung - ujung daerah, di daerah remote, dapat dengan mudah bertransaksi dengan adanya BRI di PLN Mobile,” ujarnya.
Baca Juga: PLN Gandeng Semen Indonesia untuk Mendorong Penggunaan Energi Bersih
Lanjutnya, kerjasama tersebut dilakukan PLN sebagai upaya memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam menikmati fasilitas kelistrikan dengan memberikan skema-skema terbaik dalam melakukan pembayaran rekening listrik.
”Jadi saya rasa ini adalah kolaborasi yang strategis buat PLN dan BRI, karena memang era digital ini adalah era kolaborasi. Kita tidak bisa jalan sendiri, pasti ini membutuhkan kerja sama antara satu pihak dengan pihak lainnya,” ucapnya.
Tidak hanya kerja sama layanan perbankan untuk pembayaran rekening, dilakukan juga penandatangan MoU antara PLN Icon Plus dan Bank Raya sebagai bagian dari BRI Group untuk pembiayaan transaksi online bagi pelaku industri dan bisnis.
Melalui produk Pinang Maksima milik Bank Raya ini, PLN berupaya memberikan kemudahan bagi para pelaku industri dan bisnis di tanah air dalam menikmati fasilitas kelistrikan dengan memberikan skema-skema terbaik dalam melakukan transaksi.
Baca Juga: PLN IP Pastikan Pengelolaan Pembangkit yang Baik dan Berkelanjutan
Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani berharap, kerja sama antara BUMN ini mampu memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat. BRI berkomitmen untuk terus mendukung kebermanfaatan BUMN kepada masyarakat.
"Kita berkumpul pada siang hari ini untuk menguatkan kembali sinergi BUMN, antara BRI Group dan PLN Group. Ini dua konglomerasi besar, siang ini kita mengikatkan lagi janji baru dari sebuah inisiatif bersama untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan PLN dan juga nasabah BRI," ujar Handayani.
Handayani optimis, kerja sama yang berlangsung mampu memberikan mutual benefit serta menghasilkan berbagai inovasi baru dalam melayani masyarakat.
”Sekali lagi terima kasih kepada PLN atas kesempatan yang diberikan kepada BRI Group, mungkin ini yang pertama kalinya skema buy now pay later (BNPL) dan juga enterprise financing dilakukan. Dengan kerja sama ini tentu kami berharap ini akan terus ditingkatkan dan memberikan mutual benefit bagi baik PLN Group maupun BRI Group,” ungkapnya
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Djati Waluyo
Editor: Annisa Nurfitri