Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Produk Kualitas Tinggi, Mobil Toyota Wujud Sinergi Dua Sektor Industri

        Produk Kualitas Tinggi, Mobil Toyota Wujud Sinergi Dua Sektor Industri Kredit Foto: Muhamad Ihsan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Toyota sukses menjadi perusahaan otomotif yang terus melejit hingga menjadi salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia setelah awalnya melakukan diversifikasi dari industri tekstil. Meski begitu, rupanya diversifikasi ini tak begitu saja membuat bidang tersebut dilupakan oleh Toyota.

        Toyota sebelumnya sempat fokus pada bisnis tekstil di Jepang. Bahkan ia telah mengembangkan mesin dalam membuat kain tenun dan hingga hal tersebut masih terjaga melalui perusahaan baru bernama Toyota Automatic Loom (sekarang menjadi Toyota Industries).

        Baca Juga: Suksesnya Diversifikasi Toyota, Industri Tekstil Jadi Pelopor Kendaraan Dunia

        Kedua bisnis memiliki kaitan antara satu dengan lainnya tak hanya dalam sejarah perusahaan, namun juga dalam ekosistem industri otomotif yang dikembangkan oleh Toyota. Banyak bagian dalam sebuah kendaraan yang memerlukan produk tekstil, misalnya dinding mobil, airbag hingga kursi.

        Tim Warta Ekonomi mendapatkan kesempatan untuk melihat secara detail hal ini saat melakukan kunjungan ke Toyota Commemorative Museum of Industri and Technology di Noritake Shinmachi, Nagoya, Jepang pada Jumat (27/10).

        Toyota menekankan sejumlah kualitas dalam memilih produk tekstil untuk kendaraan mereka. Misalnya, perusahaan menekan bahwa kain yang digunakan untuk kursi setiap kendaraan yang akan dijual haruslah tahan lama, nyaman hingga tahan serangan cuaca.

        Contoh dari aplikasi ini adalah teknologi ventilated seat yang diterapkan dalam sejumlah kendaraan dari Toyota. Teknologi ini akan memungkinkan pengendara untuk mengatur suhu dalam kendaraan agar dapat berkendara dengan nyaman.

        Baca Juga: Berawal dari Ambisi dan Cinta, Toyota Sukses Menjadi Raksasa Kendaraan Dunia

        Dalam kerjanya, kursi berventilasi saat cuaca panas akan bekerja secara otomatis memberikan udara sejuk untuk dihembuskan. Saat cuaca dingin, ventilated seat mengembuskan udara hangat dengan otomatis melalui kisi-kisi pada jok.

        Selain dapat memberikan udara sejuk, ventilated seat juga dapat menyalurkan udara panas sehingga sangat cocok saat berkendara di wilayah pegunungan atau ketika hujan. Dengan keistimewaan yang dimiliki ini pengguna akan merasa lebih nyaman setiap kali berkendara pada kondisi yang berbeda-beda.

        Adapun kelebihan lainnya dari penggunaan bahan berkualitas ini adalah produk-produk yang dihasilkan tak mudah luntur, tahan panas hingga mampu menahan beban yang tinggi.

        Baca Juga: Tukar Ilmu dan Budaya, Isuzu Astra Dongkrak Kualitas Pekerja Indonesia

        Kombinasi pemilihan bahan-bahan tekstil yang berkualitas tinggi serta teknologi sektor otomotif yang dikembangkan oleh perusahaan membuat setiap kendaraan yang diproduksi begitu diminati oleh masyarakat dunia. Dari Fortuner, Rush hingga Corolla adalah bukti sinergi dua sektor industri dalam menghasilkan produk berkualitas tinggi.

        Adapun Grup Toyota Motor Corp menjadi penjual mobil terbesar di dunia pada semester pertama tahun 2023. Pihaknya berhasil mengungguli sejumlah merek ternama bahkan Volkswagen AG atau VW dalam periode Januari-Juni untuk keempat kalinya beruntun. 5,42 juta kendaraan terjual secara global pada Januari-Juni 2023. Dalam periode penjualan tersebut, Perusahaan mencatatkan kenaikan, dari tahun sebelumnya, sebesar 5,5%.

        Baca Juga: Rangga Concept, Kreasi Indonesia untuk Dunia

        Toyota juga masuk dalam jajaran mobil terlaris di Indonesia. Laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan, perusahaan tersebut mencatatkan penjualan sebanyak 30.029 di Agustus 2023. Ini jauh dari Daihatsu (17.481) dan Honda (11.778). Toyota terus membuktikan bahwa pihaknya masih merupakan salah satu merek dengan penjualan tertinggi, selalu memimpin pasar dengan penjualan terbanyak baik lokal maupun internasional.

        Penulis: Aldi Ginastiar
        Laporan: Muhamad Ihsan

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Aldi Ginastiar
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: