Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        WhatsApp Akan Hadirkan Alfamart, Seperti Apa Fiturnya?

        WhatsApp Akan Hadirkan Alfamart, Seperti Apa Fiturnya? Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan perpesanan instan global berbasis aplikasi, WhatsApp, baru-baru ini menghadirkan Alfamart melalui aplikasi tersebut untuk memudahkan masyarakat berkomunikasi dan melakukan pemesanan secara langsung.

        Fitur Alfamart dalam aplikasi WhatsApp ini memungkinkan masyarakat dapat menjelajahi katalog produk secara daring (online) dan menambahkan item ke dalam keranjang sebelum melanjutkan ke sistem pembayaran Alfamart. Setelah itu, pesanan akan diantarkan ke alamat konsumen dari Alfamart terdekat. Pengalaman ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang. Chief Commercial Officer Alfagift, Alfamart, Linda Valentin mengatakan bahwa Alfamart berhasil memanfaatkan WhatsApp untuk memudahkan pelanggan.

        Baca Juga: WhatsApp: 8 dari 10 Orang Indonesia Peduli Privasi Pesan, Tapi Sedikit Manfaatkan Fitur Privasi

        “Saat ini, kami merasa sangat antusias dalam menggunakan WhatsApp untuk menghadirkan pengalaman online-to-offline yang sederhana dan dapat diandalkan bagi konsumen kami,” ujar Linda yang dilansir pada Rabu (1/11/2023).

        Senada dengan Linda, Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sejak tahun 2022, percakapan sehari-hari antara individu dan bisnis meningkat hampir dua kali lipta. 

        “… kami bertekad untuk terus mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” kata Pieter. 

        Selain fitur Alfamart, WhatsApp juga memperkenalkan fitur Flows, yakni fitur yang memberikan kemampuan kepada bisnis untuk beragam pengalaman seperti membuat formulir, membuat pilihan menu, membuat janji pertemuan, dan lainnya – tanpa meninggalkan chat. Fitur ini tersedia secara global bagi bisnis yang menggunakan Platform WhatsApp Business.

        Baca Juga: Tips Hemat Kuota Data Saat Gunakan WhatsApp

        Tidak hanya itu, bisnis-bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business dapat menerima Verifikasi Meta. Verifikasi tersebut akan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis resmi. Untuk mendapatkan verifikasi Meta, sebuah bisnis dapat menunjukkan keasliannya kepada Meta. Lalu, bisnis tersebut akan mendapatkan lencana terverifikasi, dukungan akun yang ditingkatkan, dan perlindungan dari peniruan.

        Bagi bisnis yang tertarik untuk mendaftar, Verifikasi Meta akan hadir dengan fitur premium tambahan yang mencakup kemampuan untuk membuat halaman WhatsApp khusus yang  mudah ditemukan melalui pencarian web, dan dukungan multi perangkat agar beberapa karyawan dapat menanggapi pelanggan. 

        Baca Juga: Oona Luncurkan Asuransi Keterlambatan Penerbangan Inovatif di Website Chatbot, WhatsApp, dan Facebook Messenger di Indonesia

        “Kami akan melakukan uji coba Verifikasi Meta terlebih dahulu dengan bisnis skala kecil yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business, sebelum memperkenalkannya kepada bisnis di Platform WhatsApp Business di masa mendatang,” ujar WhatsApp dalam pernyataannya. 

        Di samping itu, WhatsApp juga mendukung pelaku bisnis dengan teknologi kecerdasan buatan (AI). Teknologi tersebut dirancang khusus agar AI mampu berinteraksi dengan pelanggan untuk melakukan penjualan dan memberikan layanan dukungan. 

        Baca Juga: Mas Mark Zuckerberg Umumkan WhatsApp Kini Bisa Buat Bertransaksi dalam Bisnis

        “WhatsApp akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini dalam beberapa bulan ke depan,” ujar perusahaan tersebut. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Nadia Khadijah Putri
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: