Komitmen Kurangi Kesenjangan Digital, Telkomsat Targetkan Layani 1.000 Lokasi di Indonesia Timur
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan anak usahanya, Telkomsat, terus berupaya secara konsisten dalam mewujudkan pemerataan konektivitas digital hingga ke pelosok Indonesia.
Mereka menghadirkan sinyal internet cepat di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh koneksi digital melalui jaringan kabel, serat optik, maupun nirkabel, terutama di kawasan bagian timur Indonesia.
Telkomsat menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi dengan akses download hingga 180 Mbps dan upload hingga 20 Mbps, khusus untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia Timur.
Baca Juga: Paket Data ‘Spesial UntukMo’ di Super App BRImo, Kolabs Ciamik BRI dan Telkomsel
Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf, mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 100 Internet Service Provider (ISP) lokal telah berlangganan layanan MangoStar, dan 50 persennya berada di kawasan timur Indonesia.
Lukman juga menargetkan terdapat setidaknya 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP lokal di kawasan tersebut. Dari 1 titik tersebut, para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan.
MangoStar, salah satu produk unggulan Telkomsat, memberikan pengalaman baru dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity) dan menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, terutama UMKM dan penyedia jasa layanan internet (Internet Service Provider/ISP). Pertumbuhan pelanggan MangoStar mencapai 10 kali lipat dalam rentang tahun 2022-2023.
Telkomsat juga menghadirkan terobosan lain dengan layanan MangoStar Maritim yang diluncurkan pada awal September 2023. Layanan ini diperuntukkan bagi pelanggan di sektor maritim, dilengkapi dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7x24 jam, dan memiliki kecepatan akses download hingga 180 Mbps dan upload 20 Mbps.
Selain itu, Telkomsat dengan fasilitas VSAT Star juga turut mendukung penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi untuk kebutuhan telekomunikasi di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Papua Pegunungan.
Lukman menegaskan bahwa langkah-langkah yang diambil Telkomsat selaras dengan program pemerintah untuk mewujudkan pemerataan digital di Indonesia.
Baca Juga: Tekan Angka Pengangguran, Telkom Tingkatkan Kualitas SDM Tanah Air
"Kami senantiasa memaksimalkan dan mengoptimalkan kemampuan Telkomsat sebagai bagian dari TelkomGroup untuk mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia," ujar Lukman.
Dalam kesempatan yang sama, Lukman juga menyebutkan bahwa Telkomsat telah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas di seluruh Indonesia, yang dimulai sejak Agustus 2022.
"Telkomsat terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Untuk itu, Telkomsat terbuka dalam menjalin kerja sama dan menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP-ISP lain," tutup Lukman.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: