Indonesia dan China terus memperluas area kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi bilateral. Hal ini terwujud lewat penyelenggaraan pameran dagang business to business (B2B) China Homelife Indonesia ke-5 yang secara resmi dibuka di JIExpo Kemayoran pada Kamis (23/11) .
Pameran yang diikuti lebih dari 1.018 perusahaan asal China itu menjadi langkah penting bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnis di Asia Tenggara. Beberapa asal perusahaan yang berpartisipasi berasal dari Zhejiang, Guangdong, Sichuan, Jiangsu, dan daerah lainnya, dengan lebih dari dua ribu booth pameran dan total luas pameran mencapai lebih dari 45 ribu meter persegi.
Baca Juga: Kuatkan Sinergi, Pameran China Homelife Indonesia Bidik Transaksi hingga US$ 3 Miliar!
“Pameran ini merupakan pameran B2B yang sangat berpengaruh di Indonesia. Ini menjadi salah satu acara pameran perdagangan yang signifikan dalam kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan Indonesia. Pameran ini juga menjadi langkah penting bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok yang ingin mengembangkan bisnis di Asia Tenggara,” ujar CEO Meorient, Galvin Fang.
Menyediakan lebih dari 2.000 booth dan total luas pameran mencapai lebih dari 45.000 meter persegi, pameran ini menjadi ajang bagi beragam produk manufaktur Tiongkok untuk menunjukkan keunggulan dan kualitas produk serta teknologi terkini yang dimiliki masing-masing brand.
"Melihat tren dan kebutuhan dari buyers dan exhibitors, pameran ini mencakup 9 (sembilan) sektor industri secara bersamaan. Selain itu, pameran ini mengadopsi inovasi berbasis digital. Kami berupaya memberdayakan ‘Made in Tiongkok’ untuk merambah pasar internasional, menjadikan pameran lebih efisien dan perdagangan menjadi lebih mudah,” tambah Galvin.
Pameran ini diselenggarakan oleh China Council for the Promotion of International Trade Ningbo (CCPIT Ningbo) dan Ningbo Chamber of International Commerce (NCIC), dengan dukungan dari Departemen Perdagangan Provinsi Guangdong dan Biro Perdagangan Kota Foshan.
Selain itu, Chengdu Bureau of Commerce dan CCPIT Chengdu bekerja sama dengan Meorient International Exhibition Co. Ltd sebagai penyelenggara. Acara ini mendapat dukungan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Kamar Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok (KIKT),CEO Business Forum Indonesia, dan Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (PERPIT).
“Diharapkan lebih dari 30 ribu pengunjung hadir dalam pameran yang akan berlangsung selama tiga hari,” tambahnya.
Baca Juga: Bangun Infrastruktur Jalan, LKA ESDA: PetroChina Jabung Dongkrak Perekonomian Masyarakat TJT
Di waktu mendatang, Pameran Dagang B2B China Homelife Indonesia akan terus berkomitmen untuk membangun platform yang menjadi pilihan utama untuk mendukung bisnis di antara perusahaan China & Indonesia, membantu perusahaan China untuk “go global” untuk memperoleh lebih banyak peluang bisnis dan kerja sama serta menghadirkan lebih banyak peluang kepada perusahaan lokal dan konsumen lokal Indonesia.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar