Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Manjakan Pelanggan, Toffin Implementasikan Teknologi AI

        Manjakan Pelanggan, Toffin Implementasikan Teknologi AI Kredit Foto: Toffin
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Toffin Indonesia meluncurkan aplikasi Toffin App. Aplikasi itu diluncurkan untuk memberikan kemudahan layanan bagi para pemilik bisnis makanan dan minuman (F&B) di Indonesia 

        Dengan satu aplikasi, pelanggan bisa berbelanja semua kebutuhan kafe & restoran, konsultasi bisnis secara gratis, belajar barista, belajar pembuatan menu kafe, hingga jasa layanan perbaikan dan perawatan.

        Baca Juga: Source of Truth, Pentingnya Pusat Data Nasional untuk Pemerintahan Digital

        “Dengan aplikasi Toffin App, pelanggan bisa menikmati pelayanan lengkap, yang sebelumnya hanya bisa dinikmati secara offline, kini bisa di dapatkan melalui sentuhan jari,” ujar Founder & CEO PT Toffin Indonesia, Tony Arifin, kemarin.

        Tony menjelaskan, Toffin App dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang mendukung pelanggan dalam menemukan produk yang terbaik. Contohnya, fitur Artificial Intelligence Technology (AI) Recommendation yang berbasis teknologi AI, digunakan untuk memberikan rekomendasi produk berdasarkan preferensi individual pelanggan. 

        Pelanggan bisa mendapatkan rekomendasi produk seperti mesin kopi, mesin gelato, peralatan dapur profesional, hingga beragam bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan mereka. “Inovasi ini merupakan komitmen Toffin untuk memberikan layanan terbaik dengan memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan menemukan produk yang tepat,” jelas Tony.

        Teknologi AI juga dimanfaatkan dalam fitur Toffin GPT Smart Assistant yang digarap dengan teknologi OpenAI GPT-3.5 Turbo. Teknologi ini memberikan akses bagi pelanggan yang ingin bertanya seputar permasalahan mesin ringan, kreasi hingga rekomendasi menu yang cocok untuk bisnis. Fasilitas yang dulu hanya tersedia di Toffin showroom, kini bisa dinikmati melalui layar handphone

        Baca Juga: Komitmen Terapkan Bisnis Berkelanjutan, bank bjb Sabet Penghargaan di Ajang ESG Disclosure Awards 2023

        “Teknologi yang kami hadirkan diharapkan bisa memberikan peningkatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sehingga mempererat hubungan kami dengan mereka. Kehadiran Toffin App juga diharapkan menguatkan posisi Toffin sebagai pemimpin di industri F&B,” ungkapnya. 

        Lebih lanjut, Tony menjelaskan bahwa teknologi pintar AI di dalam aplikasi akan dikembangkan secara berkelanjutan sehingga bisa memberikan penawaran yang lebih komprehensif dan bisa menjawab pertanyaan dengan lebih rinci. 

        Baca Juga: Sambut Nataru, CEO JumpStart Ungkap Strategi Kejar Pertumbuhan Bisnis dan Ekspansi

        Dengan semakin banyaknya data yang terkumpul dan teknologi AI yang semakin maju, teknologi ini diharapkan bisa mahir dalam menjawab berbagai pertanyaan yang lebih spesifik mengenai kopi, gelato, restoran juga berbagai aspek lainnya di industri F&B. 

        Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menjelaskan bahwa Toffin App merupakan adopsi industri 4.0 yang di bisnis F&B.  Menurutnya, aplikasi ini membuat pelanggan semakin nyaman & mudah dalam berbisnis. Fitur AI di dalam aplikasi, akan membantu pemilik bisnis menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi.

        Baca Juga: PLN Beberkan Strategi Atasi Trilema Energi

        “Aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan industri F&B Indonesia ke depannya, mengingat industri ini cukup dinamis dan transformasi digital perlu dilakukan. Apalagi layanan di dalamnya cocok dengan milenial dan gen X yang jumlahnya cukup besar dan menjadi digital native,” jelas Heru.  Toffin App telah tersedia di Google Play Store dan App Store.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: