Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kuasai Real Count, Gibran Effect Dinilai Jadi Kunci Menangnya Prabowo

        Kuasai Real Count, Gibran Effect Dinilai Jadi Kunci Menangnya Prabowo Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih memimpin di hasil Real Count KPU yang datanya sudah masuk sebesar 77,54 persen (per 27 Februari 2024).

        Diketahui suara Prabowo-Gibran sudah menyentuh angka 58 persen. Hal itu merupakan fenomena politik yang menarik perhatian banyak pihak.

        Baca Juga: Puspenpol Sebut Gibran Effect Jadi Salah Satu Alasan Prabowo-Gibran Dipilih Masyarakat Indonesia

        Analisis dari berbagai sumber menunjukkan bahwa keberhasilan pasangan ini bukan semata-mata disebabkan oleh distribusi bantuan sosial (bansos) oleh pemerintah, melainkan memiliki akar yang lebih dalam dalam strategi politik dan pemilihan Gibran sebagai calon wakil presiden.

        Selain itu, keberhasilan Gibran dalam memanfaatkan media sosial dan kampanye yang resonan dengan kalangan muda, termasuk program-program inovatif seperti "Gibran Mendengar" dan kegiatan interaktif lainnya. Hal itu berperan penting dalam menggalang dukungan, khususnya dari pemilih muda dan swing voters.

        “Gibran Effect” Jadi Peran Penting

        Sementara itu, dari perspektif Direktur Strategis di Pusat Penerangan Politik (Puspenpol), Adrian Zakhary, kehadiran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden telah menghasilkan apa yang disebut sebagai "Gibran Effect".

        Hal ini menjadi faktor yang mendorong banyak orang untuk memilih pasangan Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden tanggal 14 Februari yang lalu.

        Baca Juga: Pengamat: Penganugerahan Pangkat Istimewa TNI untuk Prabowo Mestinya Sejak 2022

        “Gibran menjadi pemantik pemilih untuk memutuskan memilih Prabowo-Gibran saat hari pencoblosan,” ujar Adrian ketika diwawancaria pada Selasa (27/2/2024).

        Adrian menggambarkan Gibran sebagai sosok yang berhasil menarik perhatian dan dukungan luas. Hal itu tidak hanya melalui debat dan kampanye langsung, tetapi juga lewat kehadiran kuat di media sosial, yang di mana dia menjadi trendsetter bagi politik Indonesia yang akan datang.

        “Bagaimana selama kurang lebih 3 bulan kemarin sosok Gibran yang mendapat berbagai serangan negatif justru mampu tampil dengan baik selama kampanye dan berhasil memunculkan sosoknya yang organik sebagai anak muda yang cerdas, berprestasi, sukses dan memiliki empati tinggi,” jelas Adrian.

        Baca Juga: Ditemani Dua Ekor Kucing, Prabowo dan Gibran Diskusi Santai di Kertanegara

        “Hal ini tergambar dari Debat Cawapres yang memukau publik, kunjungan ke daerah yang mampu memikat anak muda, serta pertemuan dengan tim kampanye daerah, relawan dan berbagai unsur lain membuat Gibran berhasil mendorong kemenangan satu putaran untuk Paslon 02 Prabowo-Gibran,” lanjutnya.

        Lebih lanjut, Zakhari menyoroti pentingnya strategi kampanye Gibran yang kekinian, yang mencakup penggunaan media sosial dan konten yang dibuat oleh pengguna (User-Generated Content, UGC) untuk menciptakan gelombang dukungan organik yang luas.

        “Kita melihat faktor UGC atau konten yang dibuat organik oleh masyarakat (netizen/tiktoker) di Media Sosial ini gelombangnya sangat besar yang mendukung mas Gibran. Sehingga akhirnya berdampak positif terhadap konversi dari Media Sosial ke Voters untuk Prabowo-Gibran,” ungkapnya.

        Faktor ini, bersamaan dengan program-program darat yang menyasar langsung ke kebutuhan dan aspirasi pemuda, berkontribusi signifikan terhadap kemenangan Prabowo-Gibran.

        “Berdasarkan data Puspenpol, Gibran berhasil menjuarai kepopuleran diantara semua Cawapres. Saya melihat, Gibran terbukti mewakili anak muda Indonesia, dan jika Gibran bisa maka kita sebagai anak muda juga bisa,” ucap Adrian.

        Secara keseluruhan, kombinasi antara efek personal Gibran, strategi kampanye yang inovatif, dan pemanfaatan media sosial, bersama dengan pemberian bansos, menciptakan kondisi yang ideal untuk kemenangan Prabowo-Gibran.

        Baca Juga: Unggah Foto Moeldoko dan AHY Bersalaman di Istana Negara, Jokowi Ingin Pamer Bisa Satukan Dulu Rival Kini Rekan

        Fenomena "Gibran Effect" dan pendekatan kampanye yang memanfaatkan tren digital terbukti efektif dalam menggalang dukungan, terutama dari pemilih muda, dan menandai bab baru dalam strategi politik di Indonesia, dimana keberhasilan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Laras Devi Rachmawati
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: