- Home
- /
- New Economy
- /
- CSR
Dukung Penyelenggaraan Puteri Indonesia 2024, Bos BCA Beri Literasi Keuangan di Hadapan 42 Finalis
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) secara aktif mendukung gelaran Puteri Indonesia 2024 sebagai wujud nyata komitmen perseroan dalam meningkatkan inklusivitas dan mengoptimalisasi peran perempuan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Dukungan ini merupakan bentuk kerja sama strategis yang kembali dilakukan oleh BCA bersama Yayasan Puteri Indonesia sejak tahun 2023.
Sebagai salah satu bentuk dukungan, 42 finalis Puteri Indonesia 2024 mendapatkan kesempatan berkunjung ke Menara BCA, Jakarta, untuk berbagi pengalaman dan pemahaman mengenai perkembangan ekonomi dan perbankan nasional.
Hadir dalam kunjungan Finalis Puteri Indonesia 2024 ini, antara lain, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, Direktur BCA Antonius Widodo, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk Bingar Egidius Situmorang, Direktur PT Mustika Ratu Tbk Jodi Andrea, Head of Promotion PT Mustika Ratu Tbk Tetty Sri Nurhayati, dan 42 finalis Puteri Indonesia 2024.
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan, “Kami bangga dapat kembali mendukung Yayasan Puteri Indonesia di tahun ini. Sebagai bagian dari perbankan nasional, kami menyadari peran penting perempuan dalam perekonomian Indonesia. Dengan visi yang sejalan dengan Puteri Indonesia, BCA siap mendukung kesetaraan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam memajukan budaya, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.”
Dalam rangkaian kegiatan ini, 42 finalis hadir mendengarkan sharing terkait perkembangan ekonomi dan perbankan nasional yang disampaikan langsung oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. Finalis Puteri Indonesia juga melakukan banking tour ke kantor cabang untuk melihat langsung operasional perbankan di BCA, dari transaksi hingga pelayanan kepada para nasabah.
Baca Juga: Kebutuhan Masih Tinggi, BCA Optimis Pertumbuhan KPR Tetap Dua Digit di 2024
“Masing-masing produk yang disediakan oleh BCA memiliki keistimewaan masing-masing yang menjawab kebutuhan para nasabah. Bagi nasabah yang menginginkan capaian short term, di BCA tersedia mulai dari tabungan, deposito, hingga layanan Welma. Pilihan produk tentunya kami kembalikan ke para nasabah. BCA senantiasa memfasilitasi nasabah kami dengan layanan terbaik,” papar Jahja.
BCA juga turut mendukung lingkungan kerja yang inklusif dengan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap individu untuk berkembang dan memberikan kontribusi di perusahaan. Sepanjang 2023, persentase pekerja perempuan di BCA mencapai 60,8% dari total pekerja dan menduduki 61,1% dari total manajer di perusahaan. Selain Puteri Indonesia 2024, BCA juga pernah memberikan dukungan sponsor untuk kontes kecantikan serupa, yaitu Miss Grand Indonesia 2018.
Wujud komitmen BCA terhadap pemberdayaan perempuan tidak berhenti di situ. Melalui peningkatan akses perempuan terhadap pembiayaan, BCA terus mendorong terciptanya keadilan dan kesetaraan dalam masyarakat. Antara lain, pada tahun 2023, penyaluran UMKM entrepreneur perempuan mencapai Rp14,8 triliun, meningkat 20,2% YoY dengan jumlah 44.465 debitur.
Baca Juga: Bantu Transaksi Keuangan Pelaku Bisnis, Bank BCA Rilis Aplikasi Merchant BCA
Selain itu, BCA berkolaborasi dengan Perkumpulan Warna Alam Indonesia (Warlami) untuk kembali mendampingi 28 perempuan penenun di TTS yang berasal dari suku Swapraja Amanatun, Swapraja Amanuban, dan Swapraja Mollo. BCA juga melakukan penguatan kapasitas membatik kepada 15 pembatik perempuan di Desa Wisata Kampong Melayu BML, Kalimantan Barat.
Melalui BCA Syariah, perusahaan setiap tahun mengadakan program WEpreneur yang mendukung perempuan pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas usahanya. BCA meyakini bahwa dengan memberikan akses perempuan untuk berkarya, BCA dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia dari segi ekonomi, sosial, dan budaya.
“Ke depannya, kami akan terus memperluas akses terhadap layanan keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk perempuan, masyarakat pedesaan, dan kelompok yang masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan perbankan. Kami juga berharap keterlibatan BCA dalam Puteri Indonesia pada tahun ini dapat menginspirasi para kontestan untuk menjadi suluh bagi kaum perempuan dalam meningkatkan edukasi dan literasi keuangan,” tutup Jahja.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: