Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        H+6 Arus Balik Lebaran, Volume Penumpang Kereta Api Jakarta Diprediksi Capai 47 Ribu

        H+6 Arus Balik Lebaran, Volume Penumpang Kereta Api Jakarta Diprediksi Capai 47 Ribu Kredit Foto: KAI
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan bahwa terdapat sekitar 46.731 pengguna Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang tiba di sejumlah stasiun wilayah Daop 1 Jakarta di Rabu (17/4). Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai angka 47 ribu. 

        Sebelumnya, peningkatan volume penumpang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak tanggal 12 April 2024 dengan rata-rata volume sekitar 41 ribu s.d 48 ribu. Berdasarkan data sampai dengan siang ini volume penumpang turun sekitar 46.731, angka tersebut berada diurutan ke-3 paling tinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak tanggal 12 April lalu. 

        Baca Juga: KAI Siaga Arus Balik Lebaran, Tambah Kereta Api Relasi Yogyakarta - Gambir (PP)

        KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik diantaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun. Sejumlah petugas Customer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

        Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. 

        Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

        Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

        Update Penumpang Berangkat Pasca Hari Lebaran 

        Baca Juga: Arus Balik Lebaran, 3,1 Juta Tiket Kereta Api Sudah Ludes Terjual!

        Volume pengguna jasa yang berangkat di area Daop 1 pada Rabu 17 April 2024 juga masih cukup tinggi. Secara total terdapat sekitar 23.000 pengguna berangkat dengan jumlah sekitar 16.500 Penumpang untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 6.500 penumpang dari Stasiun Gambir. Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 51 persen dari total ketersediaan tempat duduk. Untuk hari ini KA tambahan masih dijalankan, total terdapat 78 KA yang berangkat dimana 38 KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 40 KA lainnya berangkat dari Stasiun Gambir. 

        Sementara berdasarkan data Rabu 12 April 2024 sekitar 782 ribu lebih tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual. Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 3 s.d 11 April 2024. Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 4 s.d 10 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai lebih dari 100 persen. 

        Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

        Baca Juga: Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran, Lalin Jabar Terkendali

        Daop 1 Jakarta mengingatkan kembali agar pelanggan KA yang akan mudik agar memperhatikan aturan barang bawaan yakni volume maksimal adalah 20 kg atau volume 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra. Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas ekskutif Rp. 10.000,00 per kg, kelas bisnis Rp. 6.000,00 per kg dan kelas ekonomi Rp. 2.000,00 per kg.

        Selain itu pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api, diantaranya yaitu : Barang-barang yang mudah terbakar, Senjata api/ senjata tajam, Narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat serta hewan peliharaan. 

        Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya. 

        Ketersediaan tempat duduk hari ini, Rabu 17  hingga Minggu 21 April 2024 mendatang masih 93 ribu lebih atau 18.600 rata-rata pe rhari. Bagi para pelanggan kereta api yang akan memanfaat melakukan perjalanan di momen paska lebaran dapat segera melakukan transaksi pembelian tiket, agar tidak kehabisan. 

        Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi Access by KAI juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket. Selain melalui aplikasi pemesanan tiket juga dapat dilakukan melalui agen resmi penjualan online dan retail yang sudah bekerjasama dengan KAI. 

        Baca Juga: Jaga Layanan Prima, AP II Lewati Puncak Arus Balik Lebaran dengan Lancar

        Informasi lebih lanjut terkait informasi tikrt dan perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: