Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pemprov DKI Jakarta Berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2024, Promosikan Produk dalam Negeri

        Pemprov DKI Jakarta Berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia 2024, Promosikan Produk dalam Negeri Kredit Foto: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPPKUKM) Provinsi DKI Jakarta ikut berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang diselenggarakan pada 9-12 Oktober 2024.

        Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ICE BSD, Tangerang. 

        Baca Juga: Sukses Dongkrak Angka Kepesertaan BPU, BPJS Ketenagakerjaan Beri Apresiasi Bagi Agen Perisai Se-Serang Raya

        Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan, Indonesia memiliki penduduk terbesar ke-4 di dunia dan merupakan negara dengan pasar yang besar harus mampu melindungi pasar domestik dan memasarkan produk dalam negeri secara luas hingga kancah internasional. 

        “Di tengah banyak negara melakukan restriksi akibat perang dagang, maka dari itu sebagai negara dengan pasar yang besar dan dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia harus mampu melindungi pasar domestik kita, harus mampu memasarkan produk-produk kita, agar kita mampu menguasai pasar dalam negeri dan terus merambah pasar luar negeri,” ujar Presiden Jokowi. 

        Sementara itu, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo hadir mewakili Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan menerima penghargaan Primaniyarta 2024 kategori Kepala Daerah Pendukung Ekspor. 

        Ratu berharap, para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ikut berpartisipasi di ajang ini dapat memanfaatkan peluang dengan baik untuk memasarkan produknya kepada pembeli lokal maupun internasional.

        “Saya berharap UKM yang ikut berpartisipasi di ajang TEI ini dapat memanfaatkan pameran dengan baik dan memasarkan produk terbaiknya. Manfaatkan juga program unggulan business counselling untuk mendapatkan wawasan, pengetahuan, informasi, serta pemahaman tentang peluang dan solusi permasalahan ekspor yang dihadapi. Semoga dapat menjadi bekal berbisnis untuk akses dan penetrasi ke pasar luar negeri," imbuh Ratu, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (11/10).

        Ratu menjelaskan, Trade Expo Indonesia (TEI) tahun ini mengusung tema, "Build Strong Connection with The Best of Indonesia". Selain itu, ada empat program unggulan yang dihadirkan untuk menyukseskan promosi produk ekspor Indonesia dan meningkatkan kinerja ekspor nasional, antara lain ASEAN Sustainability Conference, seminar dan forum bisnis, business counselling, serta business matching yang akan mempertemukan para peserta dengan para pembeli (buyers) luar negeri selama pameran berlangsung.

        Terdapat 27 binaan Jakarta Entrepreneur dengan produk siap ekspor turut berpartisipasi pada gelaran TEI 2024, di antaranya 11 binaan Food & Baverage yang menempati hall 3A dan 16, serta binaan dengan kategori multiproduk seperti fashion, jewel, aksesoris, dan health atau beauty care yang menempati hall 9. Berikut binaan Jakarta Entrepreneur yang ikut berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2024:

        - Limittes Indonesia

        - Birru Jewelry

        - Majesta Yeira 

        - KoneKone

        - Kalm

        - Zian Essential

        - Tanzif Natural

        - Miss Mysa Accessories 

        - MM By Happy Gan

        - Etrine Jewel Indonesia

        - Bennih

        - Benzee Craft Jewelry

        - VITE

        - Papinka

        - Bumbu Alam

        - Dapoer Jeko

        - Kopi Presiden 

        - Muskatrees 

        - Mambucha 

        - Baker’s Gram 

        - Moorney

        - Kanasin

        - Aku Anak Tempeh

        - Crispy Salad

        - Food Station

        - Cahaya Naturals 

        - MOZAIC 

        Berdasarkan rekapitulasi dari aplikasi pendaftaran business matching yang dilakukan para perwakilan Indonesia di luar negeri, hingga akhir September 2024 tercatat sebanyak 155 permintaan dari 117 calon buyers yang berasal dari 14 negara, yaitu Polandia, Pakistan, Filipina, Mesir, Taiwan, Afrika Selatan, Serbia, Korea, India, Jepang, Malaysia, Hongkong, Arab Saudi, dan Sudan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
        Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

        Bagikan Artikel: