- Home
- /
- New Economy
- /
- Energi
Pemudik EV Diproyeksi Meningkat 2,5 Kali Lipat, PLN Siapkan Fitur Trip Planner, Apa itu?
PT PLN (Persero) menghadirkan fitur trip planner dalam aplikasi PLN Mobile guna mendukung pemudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang menggunakan kendaraan listrik (Electric Vehicle). Melalui fitur ini, pengguna dapat merencanakan perjalanan serta mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terdekat untuk menghindari kehabisan daya selama perjalanan.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa fitur ini memungkinkan pengguna memetakan jarak tempuh kendaraan mereka dan menemukan SPKLU di sepanjang rute yang dilalui.
”PLN akan memberikan informasi di mana saja lokasi SPKLU, along the way dalam perjalanan menuju sampai ke tujuan, dan bisa memetakan ini kira-kira mobil saya jarak tempuhnya sekitar 300 km. Maka di 200 km sebelum kehabisan sebaiknya nge-charge dulu ada dimana,” ucap Darmawan dalam Konferensi Pers Kesiapan Nataru, di Kementerian BUMN, Senin (09/12/2024).
Darmawan melanjutkan bahwa pada momen perayaan Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) diprediksi terjadi lonjakan 2,5 kali lipat pemudik EV. Untuk mengantisipasi ini PLN telah meningkatkan jumlah SPKLU sebanyak 8 kali lipat dari jumlah SPKLU di tahun 2021.
Secara nasional, saat ini terdapat 2.490 SPKLU yang tersebar di 1.745 lokasi strategis di seluruh Indonesia. Khusus di Tol Trans Jawa dan Sumatera, tercatat ada 500 SPKLU yang tersebar di 325 titik, dengan jarak antar-SPKLU hanya 23 km. Kondisi ini sangat mendukung para pemudik kendaraan listrik dalam memenuhi kebutuhan pengisian daya selama perjalanan.
Baca Juga: Gelontorkan Dana Rp50 Triliun, PLN dan Investor Asal Arab Saudi Siap Bangun PTLS di Sumbar
”Tahun lalu Alhamdulillah, jadi antrian di SPKLU bisa kami kelola dengan baik. Nah tentu saja di tahun ini harapan kami juga antrian di SPKLU bisa juga bisa berjalan lebih lancar lagi. Kami kerahkan sekitar 6 ribu tugas kami untuk mengawal SPKLU,” lanjut Darmawan.
Sebagai langkah antisipasi bagi pemudik yang kehabisan daya di tengah jalan, PLN juga menyediakan 5 unit SPKLU Mobile di sepanjang ruas tol, serta hotline khusus bagi pemudik kendaraan listrik yang mengalami kendala. Pemudik dapat menghubungi WhatsApp di nomor 0877-7111-2123 atau memanfaatkan fitur pengaduan yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.
”Jadi kalau ada gangguan listrik dan juga misalnya ada yang memang kendaraan listriknya mengalami gangguan. Dipersilahkan kontak di PLN Mobile,” tutup Darmawan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait: