Pertamina EP telah merasakan manfaat dari pengadaan elektronik yang disediakan PaDi UMKM (padiumkm.id) dari PT Telkom.
Manager General Services Regional 2 Pertamina EP Erwan Karouw mengatakan mereka sebelumnya senantiasa melakukan direct appointment dengan melewati proses cukup panjang dari mulai pengajuan permohonan sampai penerbitan PO (purchase order). Kadang proses ini bisa memakan waktu satu bulan lamanya karena sulitnya mencari vendor yang sesuai. Bahkan, tidak jarang mereka mengalami penolakan untuk order dalam jumlah sedikit.
Baca Juga: Pertamina Dorong Hilirisasi Inovasi Teknologi dan Energi Lewat PFsains
Dalam upaya memenuhi kebutuhan pengadaan barang dan jasa secara efisien, Pertamina EP menemukan solusi melalui platform PaDI UMKM. Dengan akses ke ribuan produk dari UMKM di seluruh Indonesia, proses pengadaan yang sebelumnya kompleks kini berjalan lebih cepat, transparan, dan mudah dikontrol.
“Kami merasa terbantu dengan PaDi UMKM. Sebab, PaDi UMKM memiliki daftar pemasok yang banyak dengan berbagai kategori, sehingga sangat membantu proses seleksi produk yang akan dibeli dan proses pemesanannya pun jadi lebih cepat,” ungkapnya dalam keterangan resminya Jumat (13/12/2024).
Erwan menjelaskan, berdasarkan pengalaman, procurement atau pengadaan yang semula membutuhkan waktu sekitar satu bulan lamanya, sekarang berkat hadirnya PaDi menjadi jauh lebih ringkas hanya butuh seminggu saja.
Pihaknya merasa memilih dan mencari vendor pengadaan menjadi lebih mudah lewat PaDi, termasuk juga memilih produk yang sesuai kebutuhan. Proses pengadaan di PaDi UMKM memungkinkan Pertamina EP beroperasi lebih efektif, baik dari segi waktu maupun biaya.
Baca Juga: Terapkan Semangat Keberlanjutan, Pertamina Geothermal (PGEO) Raih Rating A+ dari FIHRRST
“Inovasi PaDi UMKM memberikan solusi terhadap tantangan pengadaan barang dan jasa yang kami hadapi. Pemasolnya banyak, produk yang ditawarkan juga terdiri dari berbagai kategori. Yang kedua, proses pemesanan sampai penerbitan PO sangat ringkas, mudah, dan cepat,” jelasnya
Kemudahan akses dan transparansi ini juga sejalan visi Pertamina EP untuk terus mengedepankan inovasi digital dalam mendukung operasional yang lebih berkelanjutan.
PaDi UMKM tak hanya lebih praktis, namun juga mendukung praktik ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas, serta mempermudah pelacakan dan pelaporan proses pengadaan. Semua data bisa diakses secara real-time, memungkinkan organisasi membuat keputusan yang lebih cepat dan akurat. Dengan demikian, pengadaan elektronik menawarkan solusi yang lebih efisien, transparan, dan berkelanjutan dalam pengadaan barang dan jasa.
Baca Juga: 67 Tahun Pertamina: PIS Jaga Ketahanan Energi RI dan Terus Berlayar Harumkan Merah Putih
Salah satu pengadaan yang paling sering adalah alat kantor, dan PaDi UMKM sebagai platform marketplace B2B memfasilitasi banyak penyedia alat kantor tersebut, bahkan jika dibutuhkan dalam skala besar.
Melalui PaDi UMKM, perusahaan dapat mengakses ribuan produk dari UMKM di seluruh Indonesia, memastikan pengadaan berjalan lancar dan berkontribusi pada keberlangsungan ekonomi lokal. Lewat platform marketplace B2B PaDi UMKM, bukan hanya perusahaan besar dengan kebutuhan pengadaannya yang diuntungkan, tetapi juga para pelaku usaha.
Baca Juga: Pertamina Raih Penghargaan Investing on Climate Editor’s Choice Award 2024
Dengan menjadi penjual di PaDi UMKM, vendor lokal mendapatkan akses langsung ke pasar yang lebih luas, termasuk peluang untuk memenuhi pesanan dalam skala besar dari berbagai perusahaan dan institusi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: