Hadapi Ketatnya Persaingan, KiriminAja Perkuat Inovasi dan Tingkatkan Kualitas Layanan

Hadapi Ketatnya Persaingan, KiriminAja Perkuat Inovasi dan Tingkatkan Kualitas Layanan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

KiriminAja, perusahaan teknologi logistik berbasis agregator, terus berkembang pesat dalam membantu pelaku usaha di Indonesia mengoptimalkan layanan pengiriman. Sejak berdiri hampir lima tahun lalu, KiriminAja telah memiliki lebih dari 220 ribu pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Founder & CEO KiriminAja, Fariz GTJ, menjelaskan bahwa KiriminAja berperan sebagai platform yang mengintegrasikan berbagai layanan ekspedisi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan. 

Menurut dia, salah satu tantangan terbesar dalam industri logistik adalah tingginya transaksi dengan metode Cash on Delivery (COD). Pada 2022, metode ini mencapai 84% dari total transaksi e-commerce nasional senilai Rp200 triliun. 

Ia menjelaskan bahwa COD masih menjadi pilihan utama masyarakat karena banyak pelanggan yang ingin memastikan barang sampai sebelum melakukan pembayaran. “Namun, COD juga memiliki tantangan, seperti pembeli yang tidak merasa memesan atau membatalkan pesanan saat barang tiba. Ini menjadi perhatian utama kami untuk meningkatkan efisiensi dan kepercayaan dalam proses pengiriman,” jelasnya.

Baca Juga: Terus Berinovasi! Bank Aladin Syariah Perkuat Layanan Digital Syariah

Selain itu, kondisi ekonomi yang mempengaruhi daya beli masyarakat juga berdampak pada bisnis UMKM dan industri logistik. “Ketika daya beli menurun, volume pengiriman juga ikut berkurang. Kami berharap pertumbuhan ekonomi ke depan semakin membaik agar bisnis UMKM dan logistik bisa kembali meningkat,” tambah Fariz.

Dalam menghadapi persaingan agregator logistik, tambah Fariz, KiriminAja lebih fokus pada inovasi dan peningkatan kualitas layanan daripada perang harga. “Kami ingin membangun nilai tambah, bukan hanya sekadar menawarkan harga murah. Keberhasilan pengiriman dan kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama,” katanya.

Untuk itu, Fariz mendorong para UMKM dan online seller untuk segera memanfaatkan kemudahan yang ada pada platform KiriminAja, seperti Integrasi Multi Ekspedisi, Rilis Dana COD lebih cepat, Fitur Undelivery untuk mengawasi kendala pengiriman, Customer Support 24 jam, dan Laporan pengiriman yang akurat dan transparan, serta memanfaatkan penawaran spesial KiriminAja untuk membantu online seller menekan biaya operasional dengan ongkos kirim yang lebih kompetitif.

Baca Juga: Proyeksi Pertumbuhan Fintech Syariah 2025 dan Peran AFSI Mendorong Inovasi Keuangan Digital Syariah Berkelanjutan

Selain itu, beberapa brand telah bergabung bersama KiriminAja antara lain Aerostreet, Benings, Cover Super, Natasha, Paragon hingga Plugo. Melalui acara ini, KiriminAja berharap dapat terus menjadi mitra andalan para UMKM dan online seller dalam mengembangkan bisnis mereka.

“Beberapa program dan penawaran menarik senantiasa diluncurkan Kiriminaja sebagai perwujudan perusahaan jasa agregator pengiriman yang lebih dinamis, responsif dan inovatif dalam memberikan kualitas layanan dan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna jasa pengiriman barang,” imbuh dia.

Sementara itu, Chief Commercial Officer KiriminAja, Harry Syarif, menambahkan bahwa KiriminAja berkomitmen membantu UMKM agar bisa berkembang lebih besar, sesuai dengan tagline perusahaan yakni "Bantu Menuju Lebih Maju."

“Kami ingin UMKM tidak hanya bertahan, tetapi juga naik level. Banyak pelaku usaha merasa cukup dengan kondisi mereka saat ini, padahal ada potensi besar untuk berkembang,” kata Harry.

Baca Juga: PaDi Talks: Solusi Telkom untuk Mendorong Keberlanjutan UKM

Sebagai bentuk dukungan bagi UMKM, KiriminAja akan mengadakan serangkaian after event setelah Lebaran di beberapa kota, seperti Malang, Purbalingga, dan Surabaya. Acara ini akan dikemas secara lebih intim dengan konsep KiriminAja sebagai konsultan bisnis yang memberikan solusi optimasi pengiriman bagi pelaku usaha.

Selain itu, KiriminAja juga telah mempersiapkan sistem teknologi untuk menghadapi lonjakan permintaan selama Ramadan dan Lebaran. “Kami ingin memastikan pengiriman tetap lancar, sehingga pelanggan bisa menerima barang tepat waktu untuk kebutuhan Lebaran,” tambah Harry.

Baca Juga: Digitalisasi Meningkat, Pemerintah Soroti Dampak Konsumsi Energi Data Center

Dengan strategi inovatif dan fokus pada efisiensi logistik, KiriminAja optimistis dapat terus berkembang sebagai solusi utama dalam industri logistik Indonesia. Diketahui, KiriminAja berkolaborasi dalam acara "Kopdar Akbar bareng Dimensi" yang melibatkan komunitas pebisnis online dari berbagai kota dan daerah di Indonesia. Saat ini komuniter online seller ini memiliki lebih dari 8000 member seluruh Indonesia.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku usaha dalam menghadapi persaingan dengan memberikan informasi mengenai bisnis digital, memberikan insight terhadap produk-produk yang winning di online market, dan strategi efektif untuk pengiriman barang dan manajemen order dengan memanfaatkan platform KiriminAja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: