KiriminAja dan Lion Parcel Beri Pengarahan Manajemen Logistik untuk UMKM
Kredit Foto: Istimewa
Di tengah meningkatnya penjualan melalui platform online, seller dan UMKM masih sering mengalami kendala tingginya tingkat retur (return to sender/RTS). RTS adalah suatu kondisi ketika barang yang telah dikirim gagal diterima dan harus dikembalikan ke penjual.
Tingkat RTS ini bisa mencapai angka 15-20% yang tentu berdampak pada kerugian operasional mereka. Kondisi ini menjadi perhatian KiriminAja bersama Lion Parcel dengan menyelenggarakan Meet and Share pada 3 Juli 2025 lalu di Kota Bandung.
Kegiatan ini dihadiri lebih dari 70 seller aktif, pemilik brand, serta pebisnis online yang ingin memperkuat daya saing usahanya melalui strategi manajemen logistik yang lebih efisien, cepat, dan inovatif.
Baca Juga: Seller Bakal Kena Pajak E-Commerce, DJP Buka Suara!
Chief Financial Officer, Oka Mahendra, menjelaskan bahwa KiriminAja dan Lion Parcel terus mendengarkan kebutuhan pasar, termasuk seller dan UMKM lokal Bandung, untuk menghadirkan layanan logistik yang sesuai kebutuhan mereka.
“RTS ini masih menjadi kendala bagi sebagian besar seller dan UMKM. Untuk itu, di sesi ini kami edukasi tentang Return Management System yang telah diimplementasikan di dashboard KiriminAja. Sistem ini bisa memonitor potensi masalah selama proses pengiriman, menganalisis penyebab retur, hingga menyiapkan prosedur penanganan lebih cepat untuk menurunkan tingkat RTS," ujar Oka.
Fitur ini, lanjut Oka, merupakan perwujudan semangat KiriminAja untuk menghadirkan pengalaman logistik yang lebih mudah dan berkualitas demi mendukung bisnis seller dan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Bandung.
Baca Juga: Dukung UMKM, BCA Buka Keran KUR hingga ke Ultra Mikro!
Lebih lanjut, seller dan UMKM juga seringkali mengalami proses pencairan dana COD (Cash on Delivery) yang lambat, rata-rata 3–7 hari setelah barang diterima. Hal ini menjadi kendala besar bagi banyak seller dan UMKM yang membuat perputaran modal tersendat dan menghambat strategi scale-up bisnis.
Untuk memudahkan seller dan UMKM dalam hal COD, tim KiriminAja memperkenalkan service andalan platform yaitu COD Advance, yang memungkinkan pencairan dana COD lebih cepat bahkan hingga 50% dana dapat dicairkan di hari yang sama dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Chief Sales Officer Lion Parcel, Arif Wibowo, menambahkan bahwa kebutuhan dan tantangan yang disampaikan para seller dan UMKM menjadi dasar bagi perusahaan dalam mengembangkan layanan logistik yang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Sebagai bentuk dukungan, Lion Parcel menghadirkan program pencairan dana COD secara real time melalui sistem dashboard yang terintegrasi khusus bagi komunitas seller dan UMKM KiriminAja.
“Lion Parcel terus membuka ruang dialog bersama para UMKM di seluruh Indonesia untuk mendengarkan kebutuhan mereka dari sisi logistik. Program yang kami hadirkan atas dasar menganalisis kendala yang seringkali mereka hadapi," jelas Arif.
"Kerja sama Lion Parcel dengan KiriminAja juga menawarkan berbagai program lain yang sesuai kebutuhan seperti layanan pengiriman yang bervariasi. Inovasi dan program-program ini adalah komitmen Lion Parcel mendukung pertumbuhan bisnis seller dan UMKM,” tambahnya.
Di Meet & Share Bandung ini, KiriminAja dan Lion Parcel turut menghadirkan narasumber kompeten yaitu Fery Marendra - Digital Marketer & Marketing Manager PT Mozaik dan Rocky Pramana - CEO Cleora Beauty & Azrina Beauty yang berbagi kiat-kiat penting untuk membantu seller dan UMKM memperbesar skala bisnisnya.
Fery menjelaskan perlunya pendekatan komunikasi yang lebih humanis dan responsif oleh Customer Service (CS) untuk bisa menurunkan tingkat return sekaligus meningkatkan closing rate.
Sementara itu, Rocky Pramana menekankan pentingnya membaca dinamika pasar, memetakan risiko, serta menanamkan mindset bertumbuh agar bisnis tidak mudah tergeser kompetitor.
Meet and Share menjadi salah satu rangkaian upaya KiriminAja dan Lion Parcel untuk merangkul komunitas seller dan UMKM, menghadirkan solusi real-time, serta membuka peluang kolaborasi lintas sektor.
Ke depan, KiriminAja dan Lion Parcel menargetkan memperluas kegiatan Meet and Share ke lebih banyak kota di Indonesia, agar makin banyak seller dan UMKM mendapatkan manfaat dari berbagai program KiriminAja dan Lion Parcel.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement