Tingkatkan Keamanan, Jasnita (JAST) Dukung Peluncuran Layanan Darurat Raza Lakas 112

Tingkatkan Keamanan, Jasnita (JAST) Dukung Peluncuran Layanan Darurat Raza Lakas 112 Kredit Foto: JAST
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jasnita Telekomindo Tbk (JAST) menunjukkan komitmennya dalam mendukung layanan publik dengan berpartisipasi dalam peluncuran Layanan Kegawatdaruratan Terintegrasi (Raza Lakas) 112 pada Jumat, 14 Maret 2025.

Raza Lakas 112 dihadirkan untuk memperkuat sistem komunikasi dan respon cepat terhadap berbagai keadaan darurat, seperti kebakaran, kecelakaan, dan kondisi medis kritis.

Nomor darurat tunggal ini memudahkan masyarakat Tanah Laut dalam mengakses layanan bantuan dengan cepat. Menariknya, layanan ini sudah terintegrasi dengan berbagai operator telekomunikasi nasional, termasuk Telkomsel, Smartfren, Tri, dan Indosat, serta dapat diakses tanpa biaya, bahkan ketika ponsel dalam kondisi terkunci atau tanpa pulsa.

Baca Juga: Wujudkan Smart City, Jasnita (JAST) Hadirkan Teknologi IoT untuk Peringatan Dini Banjir

Bupati Tanah Laut, H. Rahmat Trianto, menekankan bahwa peluncuran layanan ini merupakan langkah maju dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap warga Tanah Laut bisa memanfaatkan nomor 112 ini dengan maksimal, karena telah terkoneksi dengan berbagai instansi darurat di seluruh wilayah Tanah Laut. 

bagian dari inisiatif ini, ia juga memperkenalkan program "Salami", yang mencerminkan semangat pemerintah daerah untuk selalu menyapa dan melayani masyarakat dengan penuh kehangatan dan kepedulian.

Dari sisi teknologi, Jasnita Telekomindo memainkan peran penting dalam mendukung sistem komunikasi yang digunakan dalam layanan ini. Sri Akhadah, Direktur Komersial PT Jasnita Telekomindo Tbk., yang diwakili oleh David Kristianto, menyatakan kebanggaannya dapat berkontribusi dalam proyek ini.

Baca Juga: Makin Banyak Proyek, Jasnita Telekomindo (JAST) Pede Cuan Makin Berlimpah di 2025

"Kami merasa terhormat dapat mendukung Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dalam peluncuran Raza Lakas 112. Sebagai penyedia solusi telekomunikasi, kami yakin layanan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, meningkatkan keamanan, serta memberikan rasa tenang dalam situasi darurat," ujarnya.

Ketua Tim Kerja Fasilitasi Sistem Komunikasi PMPB, Agung Setio Utomo, menambahkan bahwa penggunaan nomor 112 yang mengacu pada standar internasional akan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan darurat.

Sistem ini dirancang untuk menjamin akses cepat dan responsif, sehingga warga Tanah Laut dapat melaporkan kejadian kritis tanpa kendala teknis. "Dengan adanya layanan Raza Lakas 112, masyarakat Tanah Laut kini dapat dengan mudah melaporkan kejadian darurat, bahkan dalam situasi yang paling mendesak sekalipun," ujarnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri

Bagikan Artikel: