- Home
- /
- EkBis
- /
- Transportasi
KAI Siapkan 30.000 Kursi Promo Rp80 Ribu di HUT ke-80 Demi Genjot Penjualan Digital
Kredit Foto: KAI
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar promo besar-besaran pada 28 September 2025 dalam rangka HUT ke-80.
Diketahui bahwa program ini mencakup KAI Birthday Flash Sale dengan harga tiket Rp80.000 dan KAI Birthday Sale berupa diskon 20%. Seluruh promo hanya berlaku pada tanggal tersebut melalui aplikasi Access by KAI.
Baca Juga: PTBA Kucurkan Capex Sebesar Rp1,5 Triliun untuk Jalur Kereta Batu Bara
Sebanyak lebih dari 30.000 kursi disediakan dengan tarif Rp80.000 untuk perjalanan jarak jauh maupun dekat. Program Flash Sale berlaku pukul 15.00–16.00 WIB dengan ketentuan pembelian khusus via aplikasi.
Perlu dicatat, tiket dapat digunakan untuk keberangkatan hingga H+45 setelah pembelian. Promo hanya berlaku pada KA komersial dan tidak mencakup KA bersubsidi maupun layanan khusus seperti Luxury dan Panoramic.
Selain itu, promo 20% juga diberikan dengan aturan serupa. Daftar kereta api yang masuk dalam program ini dapat diakses langsung melalui aplikasi Access by KAI.
“Promo tiket Rp80.000 dan diskon 20% ini merupakan bentuk apresiasi KAI kepada pelanggan yang telah setia menggunakan layanan kereta api. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.
Promo tersebut sekaligus memperkuat strategi pemasaran digital KAI. Periode Januari–Agustus 2025, Access by KAI mencatat 17,21 juta transaksi tiket atau 71,73% dari total penjualan.
Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan penjualan melalui business-to-business (20,17%), loket stasiun (6,70%), situs web (1,19%), vending machine (0,20%), dan Contact Center 121 (0,02%).
Selain penjualan tiket, Access by KAI dikembangkan menjadi ekosistem digital dengan layanan pemesanan hotel, E-Porter, pembayaran listrik, hingga integrasi moda transportasi seperti KA Bandara, Whoosh, dan LRT.
Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur keberlanjutan, termasuk estimasi carbon footprint dan pendaftaran face recognition boarding yang kini tersedia di 22 stasiun.
Baca Juga: Surge (WIFI) Gelontorkan Capex Rp3,5 Triliun, Fokus Bangun Jaringan Internet di Jalur Kereta
“Beragam pengembangan yang kami hadirkan pada Access by KAI merupakan bagian dari solusi atas masukan dan kebutuhan pelanggan. KAI akan terus bertransformasi untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang modern, ramah lingkungan, dan sesuai harapan masyarakat. Selaras dengan tema HUT ke-80, Semakin Melayani, inovasi digital ini menjadi wujud kesungguhan KAI dalam mendampingi pelanggan di setiap langkah perjalanan,” tutup Anne.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Azka Elfriza
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: