Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dorong Pertumbuhan UMKM Kuliner, 60 Tenant Jajanan TikTok Siap Meriahkan TikTok Food Fest 2025 di Hutan Kota GBK

        Dorong Pertumbuhan UMKM Kuliner, 60 Tenant Jajanan TikTok Siap Meriahkan TikTok Food Fest 2025 di Hutan Kota GBK Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Setelah meraih kesuksesan di tahun sebelumnya, TikTok kembali menyelenggarakan festival makanan bertajuk TikTok Food Fest 2025. Bersamaan dengan acara yang diadakan secara daring pada 15 September–15 Oktober 2025, TikTok Food Fest juga akan dihelat secara luring di Hutan Kota GBK, Jakarta pada tanggal 11–12 Oktober 2025.

        Christopher Junaidi, Client Partnerships Solution Manager TikTok Indonesia, menyatakan bahwa TikTok Food Fest 2025 akan menampilkan hingga 60 tenant kuliner serta 20 zona kuliner imersif yang dapat dijelajahi oleh para penggemar makanan. Dengan demikian, TikTok Food Fest 2025 diharapkan dapat memberikan pengalaman bersantap yang berkesan bagi semua pengunjung.

        "TikTok Food Fest 2025 menjadi kampanye kuliner yang mempertemukan kreator, UMKM, brand lokal, dan komunitas pecinta kuliner untuk merayakan kekayaan cita rasa nusantara serta mendorong pertumbuhan industri makanan Indonesia bersama-sama," ungkap Christopher di Jakarta, Selasa (7/10/2025).

        Ia menambahkan, industri kuliner turut menunjukkan peran yang siginifikan bagi masyarakat di era digital saat ini. Setiap harinya, ungkap Christopher, komunitas pencinta kuliner memanfaatkan ekosistem kreatif terpadu TikTok untuk berbagi resep, ulasan, hingga produk makanan kepada komunitas TikTok di Indonesia.

        Baca Juga: TikTok Kembali Beroperasi Penuh, Kemkomdigi Cabut Pembekuan Sementara

        Keterlibatan aktif dari komunitas TikTok menjadikan kuliner salah satu kategori terpopuler di Indonesia, terlihat dari tagar kuliner terpopuler seperti #Kuliner, #JajananTikTok, dan #KulinerIndonesia yang telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unggahan dalam setahun terakhir.

        Lebih lanjut, ekosistem kreatif TikTok yang didukung solusi iklan terpadu juga memungkinkan pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk memperkenalkan produk serta menjangkau audiens di TikTok. Hal ini menunjukkan bagaimana konten kuliner di TikTok dapat membuka peluang nyata bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk melalui gelaran TikTok Food Fest.

        "Terinspirasi oleh semangat ini, kami menghadirkan TikTok Food Fest untuk mendorong kolaborasi kreatif antar kreator, pelaku usaha, dan pencinta kuliner. Kami harap kampanye ini tidak hanya bisa membawa pengalaman penemuan kuliner dari TikTok ke dunia nyata, tapi juga ikut memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan industri kuliner, terutama UMKM di Indonesia," tambahnya.

        Dalam kesempatan yang sama, Gracia Monica selaku Founder Mercon Merah Putih mengatakan bahwa TikTok membuka peluang besar bagi kami untuk lebih dekat dengan pecinta kuliner, mulai dari terpapar melalui konten organik dan interaksi di TikTok LIVE, hingga akhirnya membeli produknya di TikTok Shop by Tokopedia. 

        Gracia menegaskan, beriklan di TikTok juga memberi dampak langsung pada pertumbuhan bisnis yang turut membawa perubahan positif bagi banyak karyawan, mulai dari peningkatan taraf hidup hingga pendidikan keluarga mereka. Maka dari itu, ia tak ragu untuk ikut berpartisipasi dalam TikTok Food Fest 2025 ini.

        "Dukungan yang diberikan komunitas TikTok terus memperkuat semangat kami untuk tumbuh, berinovasi, dan tetap relevan di tengah persaingan industri kuliner yang ada," ungkapnya lagi.

        Tak hanya Gracia dari Mercon Merah Putih, sejumlah UMKM dan kreator lain juga akan berpartisipasi dalam TikTok Food Fest 2025. Untuk tahun ini misalnya, pasangan kreator Kim & Dea (@kimdea) juga akan berkolaborasi dengan Bakso Rusuk Samanhudi. Dari kolaborasi tersebut, pecinta kuliner dapat menikmati sajian menu spesial yang menggabungkan cita rasa tradisional dan sentuhan kreatif.

        "Event TikTok Food Fest 2025 akan seru banget dan kami akan berkolaborasi dengan Bakso Rusuk Samanhudi untuk hadirkan menu spesial," ungkap Dea. 

        Baca Juga: TikTok Tetap Beroperasi di Tengah Pembekuan Izin Komdigi, Kok Bisa?

        Tak hanya Kim & Dea, kreator TikTok lain juga turut memainkan peran penting dalam mendukung UMKM melalui konten autentik mereka. Salah satunya ialah Sania Jeny Versari (@versansss) yang kerap memperkenalkan sajian nusantara lewat konten mukbang sambil mempromosikan usaha keluarganya, Dendeng Mamaku.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: