Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pelanggan Gas PGN Kini Bisa Catat Pemakaian Lewat WhatsApp

        Pelanggan Gas PGN Kini Bisa Catat Pemakaian Lewat WhatsApp Kredit Foto: PGN
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Area Cilegon meningkatkan layanan pelanggan gas bumi rumah tangga melalui transformasi digital. Baru-baru ini, PGN mengadakan sosialisasi Catat Meter Mandiri (CMM) agar pelanggan dapat melakukan pencatatan meter gas secara mandiri, mempermudah dan mempercepat proses pencatatan pemakaian.

        Layanan CMM tersedia lewat aplikasi PGN Mobile dan WhatsApp Official PGN di nomor 08151 1500 645. Layanan WhatsApp hanya menerima pesan teks tanpa panggilan suara maupun video.

        Area Head PGN Cilegon, Liestya Heryani Devi, menjelaskan sistem ini bertujuan membangun pelayanan yang mudah, transparan, dan ramah bagi pelanggan dengan memungkinkan mereka melaporkan pemakaian gas langsung melalui WhatsApp tanpa menunggu kunjungan petugas.

        Baca Juga: PGN Catat Penurunan Emisi 24.861 Ton CO₂e, Melebihi Target 19,7%

        "CMM memungkinkan pelanggan melaporkan angka meter gas bulanan secara mandiri, sebagai solusi keterbatasan pencatatan yang biasanya dilakukan petugas hanya tiap tiga bulan. Tagihan gas akan dihitung berdasarkan pemakaian aktual dari hasil laporan CMM," ujar Liestya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (9/10/2025). 

        Liestya mengatakan, cara yang dapat dilakukan umtuk mennggunakan layanan CMM adalah pelanggan mengirimkan foto meter gas beserta angka stand meter yang terbaca jelas. Jika laporan dikirim lebih dari sekali, PGN memilih data yang digunakan sebagai dasar tagihan.

        Apabila petugas PGN mencatat meter di bulan sama dengan pelaporan CMM, data petugas menjadi dasar penagihan, sementara laporan CMM diverifikasi untuk akurasi.Pelaporan CMM dapat dilakukan tiap tanggal 1 sampai 20 setiap bulan. PGN juga menyediakan fitur pengingat tanggal pencatatan melalui WhatsApp untuk memudahkan pelanggan. 

        "Kami ingin pelanggan merasa lebih dekat dan mudah berinteraksi dengan PGN. Cukup melalui WhatsApp atau PGN Mobile pelanggan dapat mencatat meter, melihat tagihan, hingga mendapatkan berbagai informasi layanan gas bumi. Semuanya praktis dan tetap aman," ujarnya. 

        Baca Juga: PGN Dorong Ekonomi Lokal hingga Ekowisata Mangrove Lewat Program Keberlanjutan

        Selain layanan digital, PGN mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan dalam penggunaan gas bumi. Pelanggan diimbau untuk merawat instalasi gas rumah, memastikan ventilasi cukup, dan segera melapor ke PGN Contact Center 135 (ekstensi 5) jika mencium bau gas atau menghadapi kendala.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Djati Waluyo
        Editor: Djati Waluyo

        Bagikan Artikel: